Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Satelit Nusantara Satu tengah jalani "in orbit test"

05:12:30 | 08 Mar 2019
Satelit Nusantara Satu tengah jalani
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mengungkapkan satelit Nusantara Satu telah menempati slot orbit 146 Bujur Timur pada 4 Maret jam 2.28 pagi waktu Palo Alto dan sekarang tengah menjalani in orbit test.

Satelit ini diluncurkan pada Jumat, 22 Februari 2019 pukul 8:45 WIB dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat dengan menggunakan rocket Falcon 9 – 5500 buatan SpaceX.

"Alhamdulilah satelit Nusantara Satu sudah sampai di orbit sesuai jadwal dan sekarang tengah dilakukan in orbit test," ungkap Director of Technology PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Dani Indra Widjanarko, kepada IndoTelko kemarin.

Dani memperkirakan dibutuhkan waktu kurang lebih tiga minggu untuk in orbit test. "Kita akan test Bus dan Payload. Bus sudah sebagian besar. Payload baru akan ditest pada Jumat (8/3)," ulasnya.

Telkom Marketing 2
Asal tahu saja, in orbit test adalah proses mengevaluasi kesehatan satelit pasca peluncuran. Proses ini dilakukan sebelum satelit mulai beroperasi. (Baca: Satelit Nusantara Satu)

Satelit Nusantara Satu menggunakan platform SSL-1300 140 memiliki usia desain 15 tahun dan operasi 20 tahun dengan membawa 52 transponder yang terdiri atas 38 transpinder C Band dan 8 spotbeam KU Band dengan total kapasitas 15 Gbps. Khusus KU Band kapasitas yang dimiliki 13,6 Gbps.

Angkasa Pura 2
Cakupan dari C Band satelit Nusantara Satu meliputi wilayah Asia Tenggara dan KU Band untuk 8 spot beam meliputi seluruh wilayah Indonesia. Satelit ini akan menempati slot orbit 146 Bujur Timur, tepat di atas Papua.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma