telkomsel halo

Update Satelit Merah Putih

Seminggu meluncur, Satelit Merah Putih sudah dekati slot orbit

09:52:00 | 15 Aug 2018
Seminggu meluncur, Satelit Merah Putih sudah dekati slot orbit
Satelit Merah Putih di SLC 40 Cape Canaveral Air Force Station sebelum diluncurkan oleh roket Falcon 9.(dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Satelit Merah Putih yang telah diluncurkan pada Selasa pagi (7/8) pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB dari SLC 40 Cape Canaveral Air Force Station terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dalam perjalanan menuju slot orbit 108 Bujur Timur (BT).

"Posisi satelit Merah Putih sekarang ada di 107.75 bujur timur. Posisi ini dicapai setelah Apogee burn ke-6 selesai,” ungkap Koordinator Satelit Merah Putih Hendra Gunawan kepada IndoTelko melalui pesan singkat, (14/8) sore.

Dikatakannya, satelit merah putih akan melanjutkan perjalanan menuju slot orbit 108 bujur timur melalui manuver penyalaan roket-roket kecil. “Semua masih dalam jadwal menuju slot orbit dan deployment antenna,” pungkasnya.    

Asal tahu saja, setelah Roket Falcon 9 dari SpaceX menunaikan tugasnya meluncurkan satelit Merah Putih, maka aset bernilai US$165 juta itu masuk kedalam proses yang dinamakan Orbit Rising.

Orbit Rising adalah proses suatu satelit berpindah dari Geo Transfer Orbit (GTO) ke Geo Synchrounous Orbit (GSO) atau orbit tujuan.

Hal ini karena sebuah roket peluncur hanya mengantarkan satelit memasuki orbit transfer atau yang dinamakan Geo Transfer Orbit dan satelit dilepas pada ketinggian 500 Km yang merupakan perigee dari GTO. Dari ketinggian ini satelit akan bergerak sesuai lintasan yang berbentuk elips dengan Apogee berada di ketinggian 36.000 km.

Proses mengubah orbit dari GTO ke GSO inilah yang biasa disebut orbit rising dan dilakukan oleh satelit itu sendiri tanpa bantuan dari kendaraan peluncur.

Sesuai dengan hukum Kepler, saat satelit mencapai titik apogee-nya, Main Satellite Thruster atau dulu sering disebut dengan AKM (Apogee Kick Motor) dinyalakan untuk mendapatkan delta-V agar dapat memasuki orbit GSO.

Proses ini dilakukan beberapa kali agar satelit benar-benar memasuki orbit geo stationary. Setelah satelit memasuki orbit GEO, tinggal dilakukan maneuver terakhir agar berada di slot orbitnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year