Digital banking membuat layanan perbankan mudah diakses

07:36:15 | 08 Dec 2017
Digital banking membuat layanan perbankan mudah diakses
JAKARTA (IndoTelko) - Kehadiran digital banking diyakini membuat layanan perbankan semakin mudah dimana dan kapan saja.

Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto menjelaskan kehadiran digital banking telah mendatangkan berbagai   kemudahan bagi para nasabah. Hanya dengan mengunduh aplikasi ini di ponsel, nasabah dapat membuka rekening bank hingga menempatkan dananya tanpa perlu mendatangi kantor cabang bank.

“Kalau dari sudut pandang kami, melihatnya perbankan  akan semakin tidak kelihatan,” kata Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto, dalam keterangan, kemarin.

Menurutnya, jika sebelumnya orang mengatakan akan ke  bank  artinya datang ke kantor   bank.   Kedepannya,  mereka  akan  mengatakan  “nge-bank”  untuk  melakukan  aktivitas perbankan, dan itu tidak perlu pergi ke mana-mana cukup dari genggaman. 

“Bank is not somewhere you go. Dimana kedepanya, nge-bank akan sama seperti saya nge-WA (Whatsapp). Jadi itu bisa dilakukan secara cepat,” ujarnya.

Hal ini dipertegas dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang termasuk pengguna internet paling aktif di dunia. Menurut laporan We Are Social, Hootsuite, dan Global Web Index 2017, rata-rata orang Indonesia menghabiskan sekitar 8 jam dan 43 menit untuk berselancar di internet setiap hari. Hampir empat jam di antaranya mengakses melalui perangkat mobile.

President Director Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna menambahkan DBS berkomitmen untuk membentuk masa depan perbankan Indonesia, salah satunya melalui Digibank.

Digibank menampilkan desain aplikasi yang sederhana dengan user interface yang interaktif. Dari segi inovasi, digibank menggabungkan empat fitur, yakni biometrik untuk pengenalan diri nasabah; virtual assistant berteknologi artificial intelligence; spending   tracker untuk perencanaan dan pengawasan finansial; serta soft token yang memberikan pengamanan tingkat tinggi.

Digibank akan mengubah seluruh proses perbankan konvensional. Nasabah akan menikmati pengalaman dan cara baru beraktivitas   perbankan secara paperless, signature-less, dan branchless.(wn)

Artikel Terkait