Pemerintah ingin dorong smart city

12:31:42 | 23 Jul 2017
Pemerintah ingin dorong smart city
Regional Account Director Telkom Rosydul Umam Aly dalam diskusi tentang smart city belum lama ini (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah dengan menggandeng sejumlah pemangku kepentingan menggulirkan Gerakan Menuju 100 Smart City untuk Smat Nation di Indonesia.

Gerakan Smart City ini merupakan program dari Kementerian Kominfo yang berintegrasi dengan Kemenpan, Kemendagri, Kemenpu, APEKSI dan lainnya.

Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel A Pangerapan menyatakan strateginya dengan mengimplementasikan Smart City, dari 500-an kabupaten/kota, 25 yang terpilih  harus sukses mengimplementasikan Smart City hingga 2019 dan berlanjut pada 100 kabupaten/kota lainnya.

Smart City akan melayani internal pemerintahan dan masyarakat dengan fasilitas yang memadai, Kemenkominfo dan Kemendagri telah melakukan riset terhadap ruang fiskal bagi 25 daerah terpilih ini.

"Riset kemampuan SDM daerah yang termasuk salah satu faktor penentu selanjutnya diikuti kemampuan jaringan dan infrastruktur termasuk akses broadband" ungkapnya. 

"Pemerintah sedang menyusun panduan masterplan smart city untuk kabupaten/kota, untuk mencegah agar smart city tidak menjadi bola liar di mana masing masing mempersepsikan berbeda," papar Direktur e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika Firmansyah Lubis.   

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengisahkan tentang inisiatif “smart kampung” di mana pemerintah daerah menyediakan wifi serta memberikan pelatihan melek digital.

Hasilnya, remaja-remaja kampung bahkan ibu rumah tangga aktif menggunakan media sosial untuk mempromosikan wisata, komoditas unggulan, bahkan barang dagangan. Bahkan baru-baru ini, film buatan para remaja kampung ini berhasil menjadi juara di festifal film di Barcelona dan Perancis.

Regional Account Director Telkom Rosydul Umam Aly mengaku siap mendukung gerakan tersebut dengan mengundang pemerintah daerah untuk memasukkan proposal dana CSR kepada mereka, yang terkait pembangunan smart city.

“Telkom siap mendukung daerah yang ingin menerapkan smart city. Contoh di Banyuwangi kita dukung smart kampung dengan memasang 1400 @wifi.id,” pungkasnya.(ak)

Artikel Terkait