Perusahaan Myanmar tertarik dengan konsep smart city nusantara

11:42:16 | 28 Jun 2017
 Perusahaan Myanmar tertarik dengan konsep smart city nusantara
Chairman Fortune International Ltd Mr. U Mya Han (kiri) mendengarkan paparan tentang Smart City Nusantara di Living Lab SCN beberapa waktu lalu (foto:TLKM)
JAKARTA (IndoTelko) - Konsep Smart City Nusantara (SCN) yang dikembangkan Telkom mulai memikat banyak perusahaan di luar negeri.

Salah satunya adalah Fortune International Ltd dari Myanmar yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Living Lab Smart City Nusantara di Gunung Sahari, Jakarta. Perusahaan ini adalah mitra dari anak usaha Telkom di Myanmar, Telin Myanmar.

"Rombongan manajemen Fortune International dipimpin Chairman Mr. U Mya Han datang di Ramadan lalu. Mereka melihat sejumlah adopsi aplikasi Smart City Nusantara di Living Lab," ungkap Koordinator Living Lab Smart City Nusantara Imanuddin kepada IndoTelko, belum lama ini.

Diungkapkannya, beberapa solusi dari Smart City Nusantara yang menarik bagi mitra dari Myanmar itu diantaranya soal Area Trafic Controll System yakni aplikasi untuk otomatisasi traffic light yang telah digunakan di beberapa kota di Indonesia.

Ada juga solusi untuk sektor pendidikan yang dibutuhkan di Myanmar untuk mempermudah siswa, orang tua, dan guru melakukan proses belajar mengajar.

Di sektor kesehatan, Myanmar juga tengah melakukan digitalisasi layanan rumah sakit khususnya rumah sakit Anak dimana adanya keinginan penanganan lebih cepat untuk pasien anak. "Kita kan sudah implementasi solusi ini di beberapa kota yang adopsi Smart City Nusantara. Jadi, mereka kagum dengan dampak sosial dari sejumlah aplikasi itu," pungkasnya.

 Perusahaan Myanmar tertarik dengan konsep smart city nusantara

Rombongan Fortune International Ltd di Living Lab Smart City Nusantara

Asal tahu saja, smart City Nusantara merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah. Penerapan konsep smart city dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

Beberapa solusi yang diandalkan diantaranya Smart Ligthing, Inteligent Area Management, e-Kelurahan, e-Office, Smart Classroom, e-Puskesmas, e-Pelaporan, dan Social Media Analytics.(id)

Artikel Terkait