Cara Telkom membangun Smart Campus

18:38:00 | 11 May 2017
Cara Telkom membangun Smart Campus
JAKARTA (IndoTelko) - Di era millenial, mayoritas perguruan tinggi di Indonesia memiliki visi menjadi World Class University (WCU).

Salah satu indikator menuju WCU adalah kampus memiliki infrastruktur Information and Communication Technology (ICT) yang komprehensif dan memadai. Hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah untuk meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah internasional.

"Infrastruktur ICT sekarang telah menjadi salah satu indikator kualitas perguruan tinggi di Indonesia. Kami sebagai operator telekomunikasi siap mendukung kehadiran smart campus guna menjadi WCU," kata Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana, di Jakarta, Kamis (11/5).

Diungkapkannya, solusi layanan Smart Campus sudah diterapkan pada Telkom University. Harapannya kedepan, dengan solusi layanan Smart Campus ini tentunya dapat meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di kancah international.

Menurutnya, seluruh solusi layanan yang dideliver untuk membangun Smart Campus harus berdiri di atas infrastruktur yang kuat. Selain terintegrasi secara fisik dari satu infrastruktur ke infrastruktur yang lain, syarat dapat diterapkannya konsep Smart Campus adalah bisa dikelola dengan mudah. "Karena tanpa infrastruktur yang manageable, maka rekayasa, monitoring, dan control untuk pengembangan solusi yang berdiri di atas network ini akan sulit dilakukan," ulasnya.

Adapun solusi Smart Learning yang disediakan Telkom meliputi solusi terkait pembelajaran, baik fasilitas pendukung pembelajaran secara langsung maupun fasilitas pendukung pembelajaran untuk pengembangan fasilitas. (Baca: Bakti Telkom di dunia pendidikan)

Sedangkan Solusi Smart System meliputi solusi terkait automasi, monitoring, dan controlling seluruh sistem ICT perguruan tinggi berbasis Internet Protocol (IP) yang dapat memberikan simplifikasi terhadap proses di dalam perguruan tinggi. Tahap final akhir dari Smart System adalah Command Control Room yang dapat digunakan untuk memonitor dan mengontrol seluruh sistem dan environment ICT di perguruan tinggi.

"Telkom bangga mempersembahkan smart campus bagi civitas akademika sebagai bagian dari kemajuan masa depan bangsa," pungkasnya.(wn)

Artikel Terkait