Telkom Gandeng CBI Garap Big Data

10:14:15 | 13 May 2016
Telkom Gandeng CBI Garap Big Data
EVP Telkom Regional 2 Jakarta Teuku Muda Nanta (kiri) bersama Dirut CBI group Suryo Aribowo (dok)
JAKARTA (IndoTelko) -  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng PT Citra Bahana Informasi (CBI) untuk mengembangkan teknologi Big Data dan Smart City di Indonesia.

Kerjasama kedua perusahaan ditandai dengan kerjasama yang dituangkan dalam MOU Solution Development Sistem Pengambilan Keputusan berbasis Big Data. Acara penandatanganan MOU  dilakukan pada Kamis (12/5).

Pada kesempatan tersebut PT.Telekomunikasi Indonesia diwakili oleh Executive Vice President ( EVP ) Telkom Regional 2 Jakarta Teuku Muda Nanta dan PT Citra Bahana Informasi  diwakili oleh Suryo Aribowo sebagai Direktur Utama.

Nanta yang baru menjadi Panglima untuk layanan Telkom di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabes) menyatakan Telkom sebagai operator paling Merah Putih sudah siap menyediakan layanan Big Data, termasuk infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka memajukan pemerintah daerah diseluruh Indonesia.

“Telkom memiliki teknologi Big Data mulai tahun 2014. Pada saat awal, Teknologi Big Data ini digunakan untuk keperluan data analysis internal Telkom. Saat ini selain untuk keperluan internal Telkom, teknologi Big Data ini juga dapat digunakan oleh pihak eksternal yang memerlukan analisis data dalam jumlah besar dan kompleks misalnya: perbankan, transportasi, manufaktur, farmasi, pertambangan dan lainnya,” katanya.

Diharapkannya, kerjasama Telkom dengan Citra Bahana Informasi, yang merupakan konsultan manajemen & pemerintahan, dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk mendorong terwujudnya Smart City di Indonesia.

“Pemahaman CBI terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah dan penguasaan Telkom terhadap teknologi Big Data dan Infrastruktur TIK dapat membantu Pemerintah Daerah menyusun roadmap menuju Smart City dan mewujudkannya. Terwujudnya Smart City akan mengoptimalkan potensi daerah dan meningkatkan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat sebagai wujud sumbangsih Telkom kepada Negara Indonesia,” tutupnya.

Sekadar informasi, untuk urusan mengembangkan smart city, Telkom tergolong paling berani di industri. Hal ini ditunjukkan dengan mendirikan Telkom Living Lab Smart City Nusantara berlokasi di kantor Telkom Gunung Sahari Jakarta Pusat.

Tujuan dari Telkom Smart City Nusantara adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerintahan daerah  mengembangkan dan mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat.

Telkom Smart City Nusantara  terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen. (Baca juga: Smart City Nusantara)

“Telkom Smart City Nusantara adalah bentuk monetisasi dari konektifitas ke aplikasi jika bicara strategi bisnis. Tetapi ada misi lain yang lebih penting yakni mengedukasi pemerintah daerah tentang implementasi smart city yang tepat. Ini bakti Telkom bagi Negeri,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, belum lama ini.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories