telkomsel halo

Telkom Prediksi Akuisisi GTA TeleGuam Rampung 2016

13:15:22 | 05 Jul 2015
Telkom Prediksi Akuisisi GTA TeleGuam Rampung 2016
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memprediksi tuntasnya  akuisisi AP Teleguam Holding Inc., perusahaan induk GTA Teleguam, melalui entitas anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International USA Inc. (Telkom USA) dalam jangka waktu 8 bulan sejak diumumkan.

“Prosesnya lumayan panjang. Kita harus minta restu dari regulator setempat. Praktik normal disana kabarnya 8 bulan sejak diumumkan baru keluar putusan,” ungkap Direktur Wholesales dan Internasional Services Telkom Honesti Basyir, usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, pekan lalu.

Dalam catatan, Telkom mengumumkan aksi korporasi mengakuisisi Telguam pada awal Juni 2015. (Baca juga: Telkom akuisisi Teleguam)

Menurutnya, proses agak panjang karena jaringan GTA Teleguam juga digunakan oleh militer dari pemerintah setempat. “Jadi, proses memang agak rumit. Tetapi operator ini menjanjikan ke depannya, karena itu kita tertarik akuisisi,” katanya.

Kala disinggung kabar beredar tentang nilai akuisisi yang mencapai US$ 250 juta- US$ 300 juta, Honesti mengatakan, belum bisa memastikan angka yang dikeluarkan untuk menebus saham operator itu. “Kita hormati proses yang ada saja dulu,” katanya.

Sebelumnya, sempat beredar kabar operator pelat merah ini harus mengeluarkan dana sekitar US$ 300 juta untuk mengempit sebagian saham dari  salah satu operator telekomunikasi dan televisi berbayar di Guam itu. Telkom masuk ke GTA Teleguam dengan membeli kepemilikan dari perusahaan ekuitas Jepang, Advantage Partners.

GTA akan menjadi bagian dari portofolio operasi internasional Telkom layaknya Telin Singapore, Telin Hong-Kong, Telkom Australia, Telkom Taiwan, Telkom USA, Telin Malaysia, Telkom Macau, Telin Timor-Leste, dan kantor cabang di Myanmar.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year