telkomsel halo

Punya Rekening Hape, Operator Bidik Salurkan Bantuan Non Tunai

07:49:51 | 28 Apr 2015
Punya Rekening Hape, Operator Bidik Salurkan Bantuan Non Tunai
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Operator yang tergabung dalam Proyek Rupiah Pintar (Rupi) ingin ikut dalam penyaluran bantuan non-tunai pemerintah kepada masyarakat dengan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKS).

Tiga operator yang tergabung dalam Proyek Rupi itu adalah Telkom (termasuk Telkomsel), XL Axiata, dan Indosat. Ketiganya memiliki produk Rekening Hape bekerjasama dengan Bank Mandiri.

“Kami ingin ikut dalam penyaluran bantuan non tunai. Waktu yang lalu kita bertiga sudah ikut, tetapi sebatas penyediaan SIM Card karena platform e-money menggunakan milik Bank Mandiri yakni e-cash,” ungkap Chief Digital Service XL Yessie D. Yosetya kepada IndoTelko, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini tender untuk dukungan bantuan non tunai tengah berlangsung. “Kita coba bertiga, apalagi Bank Mandiri ada juga di Rekening Hape,” katanya. (Baca juga: Operator punya Rekening Hape)

Group Head Mobile Financial Service Indosat Randy Pangalila mengatakan, dalam mendorong transaksi non tunai tak tepat membenturkan operator dengan perbankan. “Jangan ada lagi yang buat kondisi bank dan operator head to head. Semuanya harus bersinergi mendukung less cash society,” tegasnya.

Sebelumnya, Bank Mandiri telah menguji penyaluran dana bantuan program keluarga harapan (PKH) melalui uang elektronik dengan memanfaatkan agen layanan keuangan digital sebagai lembaga pembayar di Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Pada tahap awal lalu, pemerintah menyiapkan 1 juta kartu telepon seluler. Telkomsel rencananya menyediakan 550 ribu kartu, sekitar 450 ribu kartu disediakan oleh Indosat dan XL Axiata untuk warga di Pulau Jawa.

Kartu telepon  tersebut bakal aktif selama lima tahun untuk menyalurkan bantuan non-tunai. Bantuan itu akan masuk ke rekening Mandiri E-cash. (Baca juga: Bantuan Non Tunai Adopsi e-money)

Begitu bantuan non-tunai masuk, warga dapat menukarkannya menjadi uang tunai di kantor Pos Indonesia terdekat atau agen penukaran yang telah ditunjuk.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year