telkomsel halo

XL akan Poles Produk Pasca bayar

09:33:12 | 13 Apr 2015
XL akan Poles Produk Pasca bayar
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT XL Axiata Tbk (XL) akan merevitalisasi produk pasca bayar Xplor pada kuartal III mendatang.

“Kami akan kenalkan produk Xplor baru pada kuartal III mendatang. Sekarang sedang disiapkan secara matang konsepnya. Saya tak mau terburu-buru melepas produk hanya karena pesaing sudah aktif di pasar menawarkan pasca bayar,” ungkap Chief Brand & Customer Experience Officer XL, Rashad J. Sanchez kepada IndoTelko, kemarin.

Sekadar diketahui, di XL Axiata, pengguna pasca bayar di 2014 hanya 423 ribu nomor naik 12% dibandingkan 2013 sebesar 377 ribu nomor. Bandingkan dengan pelanggan prabayar yang dimiliki anak usaha Axiata itu sekitar 59,2 juta nomor.

Pendapatan dari per pelanggan pasca bayar di XL sekitar Rp 118 ribu, sedangkan prabayar di Rp 25 ribu.

Angka ini kalah telak dibandingkan Telkomsel. Penguasa seluler ini di 2013 memiliki sekitar 2,489 juta nomor pelanggan pasca bayar yang dikenal dengan merek Kartu Halo, dan di 2014 naik menjadi 2,851 juta nomor.

ARPU dari pelanggan Kartu Halo sekitar Rp 172 ribu. Pendapatan dari layanan pascabayar di 2014 sebesar Rp 5,15 triliun.

“Anda harus paham di pasca bayar ini harus hati-hati penawarannya. Tak bisa diberlakukan seperti prabayar, nanti kami masuk dalam debt trap karena tagihan tak dibayar,” jelasnya.

Dipaparkannya, dalam merevitalisasi produk Xplor nantinya diperhatikan tiga hal yakni penawaran harus inovatif dan tidak membuat kening calon pengguna berkerut. Berikutnya, customer experience harus mendapat sesuatu yang tak sama dengan pesaing.

Terakhir masalah aktivasi yang kemungkinan diperlonggar. “Kalau sekarang mau aktivasi Xplor harus ada kartu kredit, kemungkinan besok tak ada lagi. Tetapi kami tak mau juga terlalu longgar, mungkin nanti diikat dengan bundling smartphone atau lainnya. Tunggu saja,” pungkasnya.(dn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year