Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Genjot Pengguna Data, Telkomsel Gandeng Microsoft

14:28:59 | 23 Apr 2013
Genjot Pengguna Data, Telkomsel Gandeng Microsoft
Arief Pradetya (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) –  Telkomsel menggandeng Microsoft untuk meningkatkan pengguna data di jaringannya.

“Kita menghadirkan Windows Corner untuk mempromosikan sistem operasi Windows 8 di Grapari Telkomsel. Saat ini, sudah ada 11 Windows Corner di beberapa Grapari,” ungkap Head of Device Bundling and Customization Strategy Division Telkomsel Arief Pradetya di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, pada tahun lalu jumlah pengguna data di Telkomsel sebanyak  54 juta nomor. Pada tahun ini dibidik menjadi  75 juta pelanggan.

Sedangkan  jumlah pelanggan data yang menggunakan sistem operasi Windows baru sekitar 100 ribu pengguna. Adanya edukasi di pusat layanan diharapkan meningkat menjadi  300.000 pelanggan.

Arief menjelaskan, minimnya jumlah penggunanya di jaringan Telkomsel karena   ketersediaan aplikasi yang masih sedikit dan perangkat yang masih mahal  

"Android sekarang sudah ada yang dijual di bawah Rp 2 juta. Makanya skala ekonominya cepat karena harga terjangkau. Kita optimistis dengan edukasi bersama Microsoft ini jumlah pengguna bisa menembus 300 ribu atau 500 ribu ,” katanya.  

Diungkapkannya, hingga kuartal pertama 2013,  jumlah pelanggan yang tercatat murni menggunakan smartphone sebanyak 18 juta nomor  dengan tambahan 500 ribu pengguna tablet dan 700 ribu modem dongle.

Pengguna BlackBerry di jaringan Telkomsel sebanyak  7,4 juta pelanggan. Sementara Symbian dengan 7 juta pelanggan di nomor dua.  Pengguna ponsel dengan OS Android   tercatat 2,3 juta  dan  iOS seperti iPhone hanya 450 ribu pelanggan.

Rata-rata pengguna smartphone ini menghabiskan penggunaan data sekitar 500 MB. Kemudian untuk tablet sekitar700-800 MB, dan modem dongle di kisaran 2 GB. Sementara, penggunaan data dari feature phone masih di bawah 50 MB per bulan.

“Di jaringan itu ada 50 juta pelanggan yang masih menggunakan basic phone yang belum terkoneksi internet. Sisanya sekitar 57 jutaan adalah pengguna feature phone yang sudah data meski hanya 2G. Kita mau geser yang basic phone itu ke smartphone,” katanya.
 
Diprediksinya, jika jumlah pengguna data meningkat di jaringan akan berdampak kepada trafik sehingga pendapatan pun dari segmen ini terkerek naik pada akhir 2013. “Kita harapkan tumbuh 10% dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu kita bisa dapat sekitar Rp 8 triliun dari data,” katanya.

Head of Product Marketing Telkomsel Ririn Windaryani  menambahkan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan dan penggunaan data, Telkomsel  akan terus membangun BTS baru.   

Pada 2012 anak usaha Telkom ini  telah membangun 54.297 BTS, dengan 16.000 BTS di antaranya adalah BTS 3G."Tahun ini, kami menargetkan pembangunan BTS setiap bulan ada seribu BTS baru yang mayoritas adalah Node B atau BTS 3G," katanya.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC