telkomsel halo

Telkom Dukung Indonesia Emas 2020

21:50:51 | 23 Feb 2013
Telkom Dukung Indonesia Emas 2020
Suasana penandatanganan kerjasama Telkom-ESQ (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia  Tbk (Telkom) sepakat untuk meningkatkan kerjasama dengan Komunitas ESQ-165 dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan sumberdaya manusia untuk mewujudkan Indonesia Emas 2020.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam  Memorandum of Understanding (MoU) yang  ditandangani bersama Direktur Enterprise & Wholesale Telkom  Muhammad Awaluddin bersama Ary Ginanjar Agustian sebagai pembina Komunitas ESQ-165, Jumat (22/2) di Menara 165 Jakarta.

Indonesia Emas 2020 merupakan salah satu bentuk kepedulian Telkom dan Komunitas ESQ-165 terhadap bangsa Indonesia. Indonesia Emas 2020, digagas oleh Ary Ginanjar Agustian selaku Pembina Komunitas ESQ-165 dan diyakini menjadi cita-cita seluruh bangsa Indonesia.
 
“Kami meyakini bahwa cita-cita Indonesia Emas bukan hanya impian Telkom dan komunitas ESQ saja, tetapi juga menjadi impian seluruh bangsa Indonesia,” ujar Ari Ginanjar Agustian

Indonesia Emas 2020 adalah Indonesia yang terbebas dari krisis moral dan seluruh komponen bangsa telah berhati emas dan mengaplikasikan tujuh nilai dasar, yaitu jujur, visioner, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil dan peduli.

Sementara itu, Awaluddin mengatakan, “Kerjasama dengan Komunitas ESQ-165 ini sangat penting karena merupakan joint-collaboration untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2020. Telkom mendukung program menuju puncak deklarasi Indonesia Emas 2020 melalui penyiapan aplikasi, akses, serta sosialisasi ke seluruh komunitas ESQ-165 dan masyarakat luas melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang dimiliki Telkom,” katanya.

Untuk itu, Telkom melalui melalui program Indonesia Digital Society (INDISO) telah menyiapkan beberapa program-program unggulannya.

INDISO adalah Mega Program Telkom yang bertujuan untuk membangun komunitas digital (digital society) di Indonesia.
Program INDISO sendiri dalam hal ini adalah : Indonesia Digital School (INDISCHOOL) yang bertujuan untuk mendukung peningkatan kecerdasan anak bangsa.

Melalui program INDISCHOOL, Telkom akan menyediakan akses internet wi-fi 100 ribu di sekolah di seluruh Indonesia. Selain itu, Telkom juga akan menyediakan konten-konten dan aplikasi yang terkait dengan dunia pendidikan melalui education cloud ( e-Cloud).
 
Hingga saat ini, Telkom telah berhasil melakukan instalasi wi-fi di 3.080 sekolah dengan 5.703 access point  dalam program, INDISCHOOL secara nasional.

Berikutnya, Telkom juga meluncurkan program Indonesia Digital Enterpreneurship (INDIPRENEUR) yang bertujuan untuk mendukung peningkatan bisnis para pelaku usaha khususnya UMKM.

Melalui program INDIPRENEUR, diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi secara nyata bagi masyarakat Indoensia dan betujuan untuk membekali para pelaku UMKM Indonesia dengan pengetahuan mengenai implementasi TIK dan  e-commerce serta memberikan kemampuan untuk menjalankannya.

Dalam tahun 2013, melalui program INDIPRENEUR ini Telkom menargetkan 100.000 UMKM. Hingga saat ini, Telokom telah berhasil bekerjasama dengan 4.792 pelaku UMKM yang sudah difasilitas dengan TIK senbagai penunjang bisnis online (e-commerce).

Pada saat yang bersamaan, Telkom juga mengembangkan program Indonesia Digital Finance (INDIFINANCE) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi keuangan (kirim-terima uang).
 
Pada tahun 2013, Telkom menargetkan sebanyak 100.000 cash point (titik layanan INDIFINANCE) di seluruh Indonesia. hingga saat ini, Telkom telah bekerjasama dengan 10.596  cash-point, yang dapat dinikmati oleh komunitas ESQ-165 dan masyarakat luas.

“Kami meyakini dengan segala kompetensi yang dimiliki Telkom sebagai operator merah putih, perwujudan visi Indonesia Emas 2020, dapat segera tercapai,” pungkas Awaluddin.(ps)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year