Telkom perkuat jaringan untuk Peparnas XV

09:00:17 | 17 Okt 2016
Telkom perkuat jaringan untuk Peparnas XV
Petugas di Peparnas XV 2016 tengah mencoba akses internet milik Telkom(dok)

BANDUNG (IndoTelko) –  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) sebagai Official ICT Partner PB PON XIX dan Peparnas XV 2016 meningkatkan layanan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam ajang Peparnas pada 15-24 Oktober 2016 ini.

Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom Amanuddin  mengatakan, operator pelat merah ini  secara keseluruhan menyipkan alokasi bandiwtidh sama dengan ajang PON XIX lalu yakni di kisaran dari 35 Gigabyte sekalipun skala kegiatan tak sebesar PON XIX lalu.   

"Ini adalah hajatan nasional, apalagi Telkom selain official partner kegiatan, juga tetangga Pemprov Jabar yang kantornya (Gedung Sate, red) di depan kantor kami. Kami berkomitmen berikan layanan maksimal, bahkan lebih, selama Peparnas 2016 ini," katanya dalam Media Gathering Peparnas di Bandung, akhir pekan lalu.

Ada sejumlah layanan diberikan PT Telkom. Pertama, layanan inti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disiapkan pada enam titik. Yakni Media Center Utama/MCU yang berlokasi di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis).

MCU akan diberikan perhatian lebih karena fasilitas layanan yang menggenapinya antara lain Pojok Media di 13 arena pertandingan, sertaoutdoor area sebagai area bersantai bagi para jurnalis yang berlokasi di samping MCU.  

Setelah enam lokasi tadi, sejumlah titik yang ditingkatkan layanannya adalah akses di venue atau arena pertandingan. Dari biasanya alokasi bandwidth 10 Mbps dinaikkan menjadi 20 Mbps agar publik dan media makin lancar akses berselancar di 13 arena pertandingan yang seluruhnya tersebar di Kota Bandung.

"Selain lokasi inti dan venue, kami memberi perhatian khusus di lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas yakni Stadion Siliwangi. Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi, red), yang juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahaan, Telkomsel," katanya.

Sementara untuk jalur transportasi kedatangan dan kepulangan, dilakukan penguatan di tiga titik utama yakni Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Stasiun Kereta Api Kota Bandung, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta tepatnya di Terminal 3 tempat transit jamaah haji. Pada tiga lokasi tersebut, juga dilakukan penguatan akses jaringan pada layanan Wifi.id.

Demikian pula dengan penguatan fasilitas telekomunikasi Telkom Group pada 13 hotel berbintang di Kota Bandung yang dijadikan tempat menginap dari 1.983 atlet dan 718 offisial, maupun 3.437 orang panitia pelaksana.  Hotel tersebut antara lain Hotel Ibis, Hotel Horison, Hotel Grand Preanger, Hotel Grand Tjokro, Hotel New Sany Rosa, dan lainnya.  

Telkom juga melibatkan anak usaha lainnya yang bermain di Internet of Things (IoT), PINS Indonesia,menyiapkan sejumlah perangkat keras bagi kelancaraan even. Antara lain komputer sekitar 200 unit, CCTV, printer, ip phone, dan LCD yang dilengkapi dengan akses wifi.id yang didukung lebih dari 500 access point.

Sementara Telkomsel Area Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 300 BTS/Base Transciever Station (2G, 3G & 4G) untuk menangani seluruh arene pertandingan. Di dalamnya sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT).

Telkom Group juga akan melibatkan ratusan personel yang siaga 7 x 24 jam untuk menjaga kualitas layanan selama periode penyelenggaraan.

"Jadi, secara keseluruhan kami siapkan bandwidth  internet, juga layanan sarana TIK dan sumber daya manusia, agar minimal setara PON dan bahkan lebih. Kami juga terapkan prinsip sama dengan PON, yakni loostroom (melepaskan akses dan bisa ditingkatkan sesuai permintaan kapanpun, red) karena ini ajang nasional yang harus kami berikan yang terbaik," katanya.

Kabag Humas Pemprov Jabar selaku Koordinator Pelayanan Media (Yanmed) PON XIX dan Peparnas XV 2016 Ade Sukalsah,  mengatakan fasilitas utama yang diberikan MCU selain ruang kerja, adalah kehadiran ruangan press conference. Ruang kerja disiapkan sekitar 10 komputer personal dan port untuk laptop.

Dengan jam operasional 10.00 s.d 22.00 MCU disertakan sejumlah televisi yang menyajikan informasi, hasil, dan jadwal terkait Peparnas XV. Demikian pula Posko Media yang lebih bersifat etalase media center, terutama di venue pertandingan tertentu, dengan konsep utama semacam help desk dan ruang duduk bagi media. Seluruhnya akan terkoneksi dengan internet nirkabel PT Telkom.

"Untuk seluruhnya layanan media center aneka bentuk, agar hadir layanan terbaik, kami siapkan sedikitnya 52 komputer personal, 8 unit laptop, 10 teve plasma, 6 unit Mini PC, dan empat unit printer. Insyaallah ini semua akan menunjang kerja semua kawan media dari seluruh Indonesia," katanya.(tp)

Baca Juga: