Uji Jaringan Operator di Jalur Mudik

Layanan 4G Telkomsel dan Indosat bersaing di Solo

08:33:58 | 24 Jun 2016
Layanan 4G Telkomsel dan Indosat bersaing di Solo
Kekuatan Jaringan via Speedtest (dok)

SURAKARTA (IndoTelko) – Titik uji jaringan ketiga di kawasan Jawa Tengah adalah kota Surakarta alias Solo. 

Kota yang merupakan tanah kelahiran Presiden Jokowi ini juga menjadi pasar tersendiri bagi operator penyedia jaringan selular.  Tiga operator besar yakni Indosat, Telkomsel, dan XL sudah memberikan layanan maksimal di kota ini.  Terbukti layanan 4G sudah digelar oleh ketiganya secara komersil.

Sama seperti proses uji jaringan di Alas Roban dan Kendal, Ponsel yang kami gunakan dalam proses uji ini adalah iPhone 5S dan Hisense Pure shot.  (baca juga : Hanya ada 3G di Alas Roban) Mesin penguji alias software uji yang kami gunakan pun masih sama, mengandalkan tiga aplikasi uji yakni Speedtest, Sensorly, dan n_Perf.  (baca juga : 3G Telkomsel jawara di Kendal)

Proses uji kami lakukan pada Selasa, 21 Juni 2016 pukul 18.00 wib, usai berbuka puasa.  Area uji kali ini adalah Solo kota, Slamet Riadi, GOR Manahan dan sekitarnya. 

Kekuatan dan daya tangkap sinyal yang muncul di masing-masing layar ponsel adalah 4G untuk Telkomsel dan Indosat.  Sementara operator XL, indikator sinyalnya hanya sebatas 3G. 

Hanya  n-Perf yang Unggulkan 4G Indosat

Hasil uji jaringan di kota Solo menunjukkan persaingan yang kuat antara Indosat dan Telkomsel.  Kedua operator papan atas ini “mengesampingkan’ dulu keberadaan jaringan XL yang cuma mampu berikan 3G di area yang semestinya sudah 4G. 

Layanan 4G Telkomsel dan Indosat bersaing di Solo

Hasil uji dalam angka (n-Perf) 

Mengupas hasil uji dengan n-Perf.  Indosat ungguli Telkomsel di kekuatan unduhnya dengan 17,94 Mbps dimana Telkomsel hanya maksimal di angka 13,23 Mbps.  Namun untuk kekuatan upload, Telkomsel lebih bertaji dengan kecepatan hingga 20,25 Mbps.  Unggul dua kali lipat dari Indosat yang cuma 10,35 Mbps.  Total score dari hasil uji menggunakan n-Perf adalah 10944 untuk Telkomsel, dan angka 13145 untuk operator Indosat.  Sedangkan XL hanya menyentuh angka 5601.

Speedtes dan Sensorly Condong ke Telkomsel

Lain lagi hasil uji aplikasi Speedtes dan Sensorly.  Keduanya menunjukkan keunggulan bagi Telkomsel baik kecepatan unduh maupun upload.

Fakta di Speedtest menampilkan Telkomsel punya kecepatan unduh hingga 32,30 Mbps, dan upload mencapai 18,64 Mbps.  Sedangkan Indosat memiliki kecepatan unduh sebesar 29,05 dan upload 8,90 Mbps, beda tipis dengan Telkomsel.

Layanan 4G Telkomsel dan Indosat bersaing di Solo

Kekuatan jaringan dengan Speedtest

Di aplikasi Sensorly, kekuatan jaringan 4G Indosat kalah jauh dengan 4G milik Telkomsel.   Akses data untuk mengunduh Telkomsel mencapai kecepatan 30,27 Mbps, unggul jauh dari Indosat yang cuma sampai di angka maksimal 13,91. 

Layanan 4G Telkomsel dan Indosat bersaing di Solo

Fakta jaringan selular

Begitu pula kekuatan uploadnya.  Telkomsel memiliki kecepatan upload hingga 11,01 dan Indosat hanya kalah tipis dengan angka 8,40 Mbps. 

Di sisi lain, jaringan XL tak mampu berbicara banyak.  Sebagaimana fakta yang ada, XL kalah kelas dibanding Telkomsel dan indosat.  Sejak penampakan daya tangkap sinyal saja, operator milik Malaysia Telecom ini tak bertaji.  Cuma andalkan 3G.  (sg)

Baca Juga: