Uji Jaringan Data Operator

Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM

13:04:00 | 01 Dec 2015
Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM
Stasiun Akhir Solo Balapan (foto : Romli Rossi)

Jakarta (IndoTelko) – Setelah melalui berbagai titik uji di 6 stasiun yang kami lewati akhirnya proses uji jaringan data operator telekomunikasi melalui jalur kereta api dari Jakarta hingga Surakarta sampai di titik uji terakhir, stasiun Solo Balapan. 

Sebagaimana uji jaringan di enam stasiun sebelumnya, aplikasi uji yang kami gunakan adalah SpeedTest dan Sensorly.  Sedangkan ponsel yang kami gunakan terdiri dari Indosat (Hisense Pure Shoot) Telkomsel (iPhone 5S), XL (Sony Xperia Z3), dan Tri (Huawei Honor 3C).  Kecuali Huawei 3C yang dikawinkan dengan Tri, ketiga ponsel lainnya sudah berjaringan 4G, sesuai dengan ketiga operator tersebut yang juga sudah 4G.

Pengujian kami lakukan pada pukul 17.10 Wib, persis setibanya Kereta Api Argo Dwipangga yang kami tumpangi di Stasiun Solo Balapan pada tanggal dan hari yang sama, Kamis, 19 November 2015.

Di stasiun akhir ini, jaringan 4G yang sudah dikomersilkan oleh 4 operator yakni Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL, hanya mampu ditangkap oleh ponsel Andromax R yang dikawinkan dengan operator Smartfren. Sedangkan tiga operator lain  hanya menangkap sinyal HSDPA dan HSPA+.  Maklum, ketiga operator ini memang belum meluncurkan layanan broadband itu di kota yang terkenal dengan pasar Klewernya ini.

Smartfren Berjaya dengan 4G

Setelah hanya mampu unggul di satu titik uji dari 6 titik uji yang kami lewati, akhirnya Smartfren unggul telak di titik uji akhir Stasiun Solo Balapan.  Di titik uji ini, kecepatan jaringan Smartfren untuk download mencapai angka 17,24 Mbps, unggul jauh dari trio GSM yang hanya mampu mencapai kecepatan rata-rata 7 Mbps. 

Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM

Kekuatan Sinyal Smartfren

Namun keunggulan operator milik Sinar Mas ini tentu saja wajar.  Jaringan dan teknologi yang digunakan oleh Smartfren sudah 4G/LTE sedangkan trio GSM hanya sebatas HSDPA dan HSPA+.

Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM

Kecepatan Telkomsel

Pun di kecepatan uploadnya, Smartfren punya kecepatan upload 3,88 Mbps, sementara Telkomsel di posisi kedua dengan kecepatan upload 2,72 Mbps, dan Indosat serta XL punya kecepatan yang sama di 1 Mbps.

Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM

Sinyal XL dan Kecepatannya

 

Di Solo Balapan, Smartfren Kalahkan Trio GSM

Kekuatan HSPA Indosat

Baca Juga: