telkomsel halo

Laporan langsung dari Kourou

6 jam jelang peluncuran, Ini harapan Bos Telkom bagi satelit T3S

21:08:36 | 14 Feb 2017
6 jam jelang peluncuran, Ini harapan Bos Telkom bagi satelit T3S
Alex J Sinaga (kiri) dan Abdus Somad Arief di Jupiter Room usai press briefing di Kourou, Selasa (14/2) pagi.
KOUROU (IndoTelko) - Peluncuran satelit Telkom 3S (T3S) milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tinggal enam jam lagi dari Kourou, French Guiana pada 14 Februari 2017.

Infrastruktur yang menelan investasi US$ 215 juta (manufaktur, launcher, dan asuransi) itu akan diluncurkan dari fasilitas Guiana Space Center milik Arianespace antara 18.39 dan 20.05 waktu setempat atau 15 Februari WIB sekitar jam 04.39 WIB.

"Tadi pagi saya sudah rapat dengan CEO Arianespace. Semua step sudah dilalui termasuk cuaca. Kesimpulannya, ready to launch on skedul sore ini. Mudah-mudahan semua lancar," ungkap Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga usai press briefing di Kourou, Selasa (14/2) pagi.

6 jam jelang peluncuran, Ini harapan Bos Telkom bagi satelit T3S

Diharapkannya, jika semua proses peluncuran lancar dan satelit T3S berhasil menempati slot orbit 118 BT, maka perseroan mengoperasikan tiga satelit yakni Telkom-1, Telkom-2, dan Telkom-3S.

"Ini akan menambah kapasitas satelit yang dimiliki Indonesia, khususnya pelayanan akan meningkat di daerah-daerah yang tak terjangkau kabel optik. Teknologi satelit ini baru, maka jumlah yang dilayani bisa lebih banyak. Kita maunya masyarakat dari Miangas sampai Rote atau Sabang hingga Merauke itu dilayani oleh operator paling Merah Putih di negeri ini," ulasnya.

6 jam jelang peluncuran, Ini harapan Bos Telkom bagi satelit T3S

Pada kesempatan sama, Direktur Network, IT, & Solution Telkom, Abdus Somad Arief menambahkan pekerjaan dan pengecekan super detail telah dan masih terus akan dilakukan hingga beberapa detik sebelum akhir count down nanti sore pukul 18:39 waktu Kourou alias detik-detik dinyalakannya roket tingkat pertama. (Baca: Persiapan Satelit T3S)

"So far semuanya lancar jaya tidak ada anomali. Bahkam hampir semua crew Arianespace dan Thales Alenia Space yang terlibat memberikan testimony-nya bahwa proses satelit Telkom3S menuju persiapan launch ini termasuk yang paling lancar pernah diikuti dan lakukan. Semoga ini semua pertanda dari suksesnya misi satelit Telkom3S mulai dari peluncuran hingga masa operasinya nanti," pungkasnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year