telkomsel halo

Telkom Bersiap Rilis Obligasi

07:44:59 | 20 Apr 2015
Telkom Bersiap Rilis Obligasi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) tengah bersiap merilis obligasi ke pasar guna menopang belanja modalnya yang bisa menembus angka Rp 30 triliun di 2015.

“Untuk obligasi tengah dalam proses filling ke Bapepam. Sekarang dalam proses efektif. Minggu ke-2 Mei mendatang kami akan melakukan Public Expose,” ungkap Direktur Keuangan Telkom Heri Sunaryadi, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini sudah ditunjuk empat penjamin emisi yakni Mandiri Sekuritas, Trimegah, Bahana, dan Danareksa. “Kita akan lihat struktur angka yang ditawarkan nanti. Semua akan dibuka waktu Public Expose,” jelasnya.

Kabar beredar, Telkom ingin menerbitkan obligasi dengan total nilai Rp 12 triliun melalui penawaran umum berkelanjutan (PUB). Tahap pertama, nilai emisi yang akan dirilis hingga Rp 6 triliun. Tenor dari obligasi itu beragam. Ada yang 30 tahun, 15 tahun, dan 10 tahun.

Analis Sicorinvest Central Gani Inav Haria Chandra menilai langkah Telkom mengeluarkan obligasi untuk membiayai belanja modal karena ingin menyeimbangkan struktur keuangan. “Telkom jarang mencari pinjaman karena selama ini kebutuhan dipasok kas internal. Sepertinya ini ingin menyeimbangkan struktur keuangannya," jelasnya.

Ditambahkannya, tantangan untuk sektor telekomunikasi tahun ini adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS). “Tapi kalau Telkom tak masalah karena utang dalam valuta asing tidak besar,” tutupnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year