telkomsel halo

Telkom Tunjuk Thales Aleniaspace Bangun Perangkat Satelit Telkom 3S

11:08:06 | 18 Jul 2014
Telkom Tunjuk Thales Aleniaspace Bangun Perangkat Satelit Telkom 3S
Arif Prabowo (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akhirnya menunjuk Thales Aleniaspace untuk membangun perangkat telekomunikasi bagi satelit Telkom 3S (Subtitute/Pengganti) yang akan diluncurkan pada 2016 mendatang.

“Tender untuk pengadaan perangkat bagi satelit Telkom 3S sudah selesai. Pemenangnya Thales Aleniaspace,” ungkap VP Public Relations Telkom Arif Prabowo di Jakarta, kemarin.

Diungkapkannya, perusahaan asal Perancis itu nantinya akan mengerjakan pembuatan transponder dan ground segment untuk satelit Telkom 3S. “Nanti Thales akan kita ikat kontrak dan keluarkan semacam Surat perintah Kerja (SPK). Setelah itu baru mereka kerjakan. Kita harapkan sesuai dengan jadwal, 2016 satelit selesai dan bisa diluncurkan,” jelasnya.

Ditambahkannya, selanjutnya Telkom akan menggelar pihak yang akan meluncurkan satelit Telkom 3S itu. “Ini sedang berjalan tendernya. Segera diumumkan pemenangnya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk investasi dari satelit Telkom 3S membutuhkan dana sekitar US$ 200 juta- US$ 250 juta yang akan dipenuhi sebagian oleh kas internal dan pinjaman.  

“Satelit ini dirancang untuk memenuhi meningkatnya permintaan peralatan transmisi dalam pengembangan layanan bisnis satelit Indonesia, terutama untuk Grup Telkom,” pungkasnya.
 
Untuk informasi, satelit Telkom-3S akan menggantikan satelit Telkom-3 yang gagal mencapai orbit pada Agustus 2012. Kala itu  satelit Telkom-3 dibangun oleh ISS-Reshetnev dengan perangkat komunikasi dibuat oleh Thales Aleniaspace. Investasi yang digelontorkan kala itu sekitar US$ 185 juta.  

Satelit Telkom 3S nantinya akan menempati slot orbit di di 118° BT.  Satelit ini dirancang untuk memenuhi meningkatnya permintaan peralatan transmisi dalam pengembangan layanan bisnis satelit Indonesia. Tender  satelit Telkom 3S sendiri dimulai pada akhir 2013.(id) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year