telkomsel halo

Ayoconnect pacu pertumbuhan ekonomi digital lewat inovasi embedded lifestyle API

07:39:07 | 22 Sep 2023
Ayoconnect pacu pertumbuhan ekonomi digital lewat inovasi embedded lifestyle API
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Masyarakat Indonesia tercatat semakin menggandrungi transaksi berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Survei Litbang Kompas terkait perilaku transaksi konsumen pada awal Mei 2023 menunjukkan masyarakat Indonesia cenderung sudah terbiasa melakukan transaksi digital melalui berbagai platform.

Kecenderungan menggunakan mobile banking untuk transaksi keperluan sehari-hari juga tercatat mencapai angka 35,5% dan 20% di antaranya mengaku terbiasa bertransaksi menggunakan kartu kredit dan virtual account. Angka tersebut menunjukkan potensi bisnis dari berbagai skala untuk menawarkan kemudahan transaksi bagi penggunanya.

Ayoconnect, Platform Open Finance terkemuka di Asia Tenggara menawarkan inovasi Embedded Lifestyle API untuk bisnis dapat memanfaatkan potensi tersebut. Embedded Lifestyle API Ayoconnect mampu menghadirkan lebih dari 10 layanan end-to-end pemesanan hingga pembayaran untuk perjalanan dan gaya hidup dalam satu aplikasi. Layanan tersebut meliputi fitur pemesanan tiket perjalanan menggunakan kereta api, penerbangan dan reservasi hotel.

Saat ini Embedded Lifestyle API Ayoconnect telah terintegrasi dengan KAI termasuk jaringan KAI antar kota, KAI wisata, dan berbagai penerbangan dan penginapan melalui Traveloka. Dengan melakukan satu kali integrasi, bisnis dapat meluncurkan berbagai layanan tersebut dalam aplikasi mereka dan menghindari biaya integrasi berulang. Bisnis pun dapat mengalokasikan sumber daya untuk fokus pada strategi inti usaha.

Embedded Lifestyle API Ayoconnect juga berfokus pada percepatan pengembalian investasi (ROI) usaha melalui proses integrasi yang sederhana agar layanan baru dapat dipasarkan dengan cepat. Efisiensi dari inovasi Embedded Lifestyle API Ayoconnect memungkinkan perusahaan untuk beroperasi dengan tim yang lebih ramping.

Embedded Lifestyle API Ayoconnect berperan penting dalam fitur Livin' Sukha di superapp Livin' by Mandiri pada pertengahan tahun 2022. Payment Services API Ayoconnect yang memiliki 1.000+ penyedia layanan dan lebih dari 200+ platform konsumen juga mampu menghadirkan fitur pembelian tiket kereta KAI dan berbagai voucher game di Mandiri Livin' Sukha. Berdasarkan laporan tahunan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk tahun 2022, fitur Sukha telah mencapai pertumbuhan nilai transaksi sebesar 4x lipat sejak diluncurkan pada Mei 2022.

PT Bank DKI (Bank DKI) juga mengumumkan kemitraan pengembangan solusi berbasis open banking dengan Ayoconnect pada pertengahan tahun 2023. Kolaborasi ini memungkinkan JakOne Mobile App untuk menghadirkan fitur pemesanan hingga pembelian tiket KAI di satu aplikasi. Melalui adopsi layanan perbankan berbasis digital, Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja pertumbuhan laba bersih sebesar 17,77% menjadi Rp233,20 miliar pada Maret 2023 dibandingkan Rp 198,01 miliar pada Maret 2022 pada triwulan I 2023.

Dikatakan CEO dan Founder Ayoconnect, Jakob Rost, ia melihat antusiasme yang tinggi untuk kehadiran Embedded Lifestyle API. "Di 2024 mendatang, saya yakin kita akan melihat pertumbuhan berkelanjutan dalam adopsi pelanggan terhadap berbagai inovasi pembayaran sesuai dengan tren masyarakat,” ujarnya.

DItambahkan Jakob, dalam hal tersebut pihaknya juga sangat mengapresiasi regulator yang terus melakukan monitor dan pengembangan peraturan guna mendorong inovasi dalam ekosistem open finance.

Potensi bisnis dari inovasi open finance di masa mendatang dapat dilihat dari pertumbuhan kepemilikan rekening orang dewasa berusia 15 tahun ke atas menjadi 51,8% pada tahun 2021. Bank Indonesia (BI) turut mencatat peningkatan year-on-year value sebesar 9,88% pada transaksi perbankan digital hingga mencapai IDR 4,944 triliun (~US$328,19 juta) per Maret 2023.

Ayoconnect akan terus berkolaborasi dengan lebih banyak mitra dari lembaga keuangan dan non-keuangan untuk memperkaya Solution Stacks Ayoconnect dalam Open Banking API dan Payment Services API. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year