MoEngage bantu Noice raih peningkatan pengguna harian sebesar 34%

12:50:00 | 11 Apr 2023
MoEngage bantu Noice raih peningkatan pengguna harian sebesar 34%
JAKARTA (IndoTelko) - Platform audio lokal nomor satu di Indonesia,Noice, telah berhasil meningkatkan keterlibatan pendengarnya dengan mengadopsi pendekatan berbasis wawasan. Hal ini mengarah pada peningkatan jumlah pengguna aktif harian sebesar 34% secara kuartal dan peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan sebesar 21%.

Sebagai jaringan podcast terbesar di Indonesia, Noice menawarkan lebih dari 600 acara orisinal dan eksklusif di berbagai genre seperti podcast, radio, buku audio, dan audio langsung. Tim pemasaran Noice sebelumnya mengalami kendala dalam melakukan kampanye secara manual yang menghambat mereka untuk melibatkan kembali pendengar yang sudah ada dan menyebabkan ketidakkonsistenan dalam alur komunikasi.

Tujuan Noice adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan daya tarik aplikasi. Namun, kurangnya wawasan yang dapat ditindaklanjuti membuat mereka tidak dapat memahami pendengar dan preferensi mereka, sehingga sulit untuk memperkuat strategi keterlibatan pendengar.

Solusinya, Noice memilih MoEngage, platform keterlibatan pelanggan terkemuka berbasis wawasan untuk pendekatan terintegrasi berbasis data. Dengan memilih platform keterlibatan pelanggan yang digerakkan oleh kecerdasan buatan tersebut, Noice dapat mengotomatiskan prosesnya, sehingga mengurangi waktu dan upaya manual. Proses integrasi MoEngage yang mudah digunakan dan dukungan pasca-implementasi dan dukungan di lapangan juga didampingi oleh customer success manager yang berdedikasi.

Noice menyiapkan alur orientasi 7 hari dengan menggunakan notifikasi push sebagai salurannya. Pemicu cerdas membantu perusahaan mengirimkan pesan yang kontekstual dan relevan kepada pendengarnya melalui saluran seperti pemberitahuan push, dalam aplikasi, email, dan SMS. Noice mengirimkan pemberitahuan yang dipicu berdasarkan peristiwa pengguna. Komunikasi yang dipersonalisasi melalui pemicu cerdas berbasis peristiwa membantu mereka meningkatkan rasio keterikatan aplikasi sebesar 3%.

Perusahaan ini juga melakukan analitik penghapusan instalan, dengan melacak penghapusan instalan pada perangkat Android dan iOS. Analisis ini dilakukan di tingkat pengguna, sehingga perusahaan menerima informasi tentang atribut pendengar seperti lokasi, jumlah sesi, d an lainnya.

Dengan saringan waktu dan atribut, Noice bisa melacak pola penghapusan instalasi untuk jangka waktu tertentu dengan akurasi tingkat hari. Hal ini membantu Noice merancang langkah-langkah untuk lebih terlibat dengan kategori pendengar yang berisiko untuk menghapus aplikasi tersebut. Hasilnya adalah pengurangan 20% dalam jumlah pendengar yang menghapus instalasi dalam satu kuartal.

Dikatakan VP Pemasaran dan Kemitraan Noice Virginia Fransiska, kerja sama mereka dengan MoEngage sangat membantu dalam mengumpulkan informasi yang tepat, mengoptimalkan proses onboarding, dan memberikan pengalaman mendengarkan yang unggul bagi pendengar mereka. Dengan menggunakan alur dan kampanye MoEngage, mereka mampu mempersonalisasi dan mengkontekstualisasikan komunikasi mereka. Mereka berharap dapat mengembangkan basis pendengar mereka dan memberikan pengalaman mendengarkan yang tak tertandingi dengan dukungan dari MoEngage untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi pendengar.

Sementara Country Head, Indonesia, MoEngage Roy Simangunsong, menyambut baik kesempatan untuk membantu Noice mencapai tujuan mereka dalam memberikan pengalaman mendengarkan yang menyenangkan bagi pendengar tanpa layar. MoEngage berkomitmen untuk membantu tim Noice dalam memahami platform keterlibatan pelanggan mereka dan mengumpulkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan basis pengguna aktif mereka serta mengurangi jumlah pengguna yang menghapus aplikasi. (mas)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories