Finch Capital investasi di Ayopop

12:54:08 | 04 Dec 2017
Finch Capital investasi di Ayopop
JAKARTA (IndoTelko) - Finch Capital memimpin investasi Seri A untuk platform pembayaran tagihan ponsel Indonesia, Ayopop.

Selain berinvestasi di Ayopop, lembaga keuangan ini juga berinvestasi senilai 2 juta Euro di Ikbenfrits, broker hipotek digital yang berbasis di Belanda.

"Kami adalah satu-satunya pemodal ventura fintech yang fokus pada perusahaan rintisan di Eropa maupun Asia dan melihat adanya inovasi signifikan di pasar-pasar ini," kata Mitra di Finch Capital Radboud Vlaar dalam keterangannya (4/12).

Diungkapkannya, di Eropa, jasa keuangan mewakili 30% PDB dan sudah cukup mapan serta siap berinovasi. Sebaliknya, di Asia Tenggara, peluangnya terletak pada teknologi baru yang, untuk pertama kalinya, menyediakan jasa keuangan kepada pasar besar yang kurang terlayani.

"Kami khususnya tertarik pada Indonesia karena negara itu diprediksi akan menjadi ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2050. Dinamika pasar ini memberikan peluang investasi yang menarik bagi kami," katanya.

Mitra di Finch Capital lainnya Hans de Back menyatakan platform Ayopop memberi konsumen cara efisien melakukan pembayaran tagihan dan menggambarkan bagaimana pelanggan menggunakan berbagai cara baru untuk mencapai hal ini.

"Kami terkesan akan pertumbuhan, pelaksanaan dan pengembangan produk Ayopop. Ayopop telah menjadi solusi pembayaran di satu atap bagi konsumen di Indonesia yang memperhatikan beragam kebutuhan mereka. Kami ingin bekerjasama dengan tim tersebut selama tahap pertumbuhan selanjutnya," katanya.

Asal tahu saja, Finch Capital adalah firma modal ventura yang berinvestasi dalam perusahaan inovatif yang mengubah sektor jasa keuangan di Eropa dan Asia Tenggara. Investasi firma tersebut meliputi berbagai perusahaan vertikal termasuk perangkat lunak (manajemen pelanggan dan data, infrastruktur, keamanan, solusi AI/ML), pasar (asuransi, brokering hipotek, deposito/pinjaman, perbaikan mobil) dan pembayaran (pengiriman, PSP).

Sementara Ayopop adalah platform pembayaran tagihan ponsel terkemuka Indonesia. Ia mengumpulkan ratusan produk tagihan dari Perusahaan Utilitas, Kreditur, Asuransi, Bank dan badan Pemerintah serta membantu lembaga mengelola penagihan uangnya lebih baik.

Ayopop menawarkan 15.000 lokasi penagihan tunai di seantero negeri guna melayani pula sektor yang belum terjangkau jasa perbankan dan mendorong inklusi keuangan.(wn)

Artikel Terkait