Indonesia ingin menjadi bagian dari dinamika teknologi digital

10:26:26 | 02 Sep 2017
Indonesia ingin menjadi bagian dari dinamika teknologi digital
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia harus menjadi dinamika dari perubahan yang terjadi di dunia teknologi digital, mengingat ekonomi Indonesia mulai pindah dari ekonomi yang berbasis komoditas ke ekonomi yang berbasis layanan.

“Dalam dinamika perkembangan teknologi digital yang sekarang ini terjadi di dunia, Indonesia tidak bisa melepaskan diri. Indonesia harus menjadi dinamika dari perubahan yang terjadi di dunia teknologi digital, misalnya, digital age atau digital space,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, seperti dikutip dari laman Kominfo, (2/9).

Diharapkannya, setiap pihak berpikir dan vertindak realistis dengan merebut setiap peluang dalam perubahan teknologi digital.

“Kita harus merebut itu. Kita tidak hanya mengandalkan bahwa semua harus buatan Indonesia, atau semua harus dari orang Indonesia. Prinsip itu, memang sangat bagus. Kalau kita memang bisa memenuhi itu semua. Faktanya, bahwa terjadi dinamika luar biasa dalam teknologi digtial dan kia harus menjadi bagian dari perubahan ini. Kedaulatan Digital adalah dimana proses yang terkait teknologi digital baik, aplikasi, device, ekosistem dan jaringan. Itu semua adalah proses nilai tambah yang harus ada  di Indonesia,” paparnya.

Dengan prinsip itu, Menteri Kominfo menilai sudah saatnya Indonesia menjadi subyek dalam perubahan dunia digital. “Jangan jadikan Indonesia ini sekadar pasar, atau objek, akan tetapi kita sendiri harus menjadi subyek, harus menjadi pemain.,” tandasnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories