Telkom Tingkatkan Kapasitas Jaringan Demi Mentawai Smart Island

13:20:30 | 23 Apr 2016
Telkom Tingkatkan Kapasitas Jaringan Demi Mentawai Smart Island
Muskab Muzakkar (kanan) tengah menandatangani MoU Mentawai Smart Island (dok:TLKM)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Kantor Wilayah Telekomunikasi (Witel) Sumatera Barat (Sumbar) meningkatkan kapasitas jaringan demi mewujudkan Mentawai Smart Island.

“Saat ini sedang berlangsung upgrade bandwith ke Mentawai, dari 400 Mbps menjadi 800 Mbps. Kita mau secepatnya layanan Triple Play IndiHome dinikmati masyarakat Mentawai. Ini bagian dari rencana besar bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mewujudkan Mentawai Smart Island,” ungkap GM Witel Telkom Sumbar Muskab Muzakkar kepada IndoTelko melalui sambungan telepon, Sabtu (23/4).

Dijelaskannya, Mentawai Smart island merupakan gagasan bersama antara Telkom dan Pemkab Mentawai yang bertujuan memajukan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi di pulau yang dikenal dengan ombak nan rancak bana (bagus sekali) untuk berselancar. (baca juga: Mentawai Smart island)

“Saat ini seluruh satuan kerja di Pemkab mentawai sudah terintegrasi ke dalam jaringan internet yang dikelola Telkom. Perkembangan selanjutnya menyediakan layanan internet untuk ruang publik dan sekolah sehingga harapannya Kabupaten mentawai ikut sejajar dengan daerah lain dalam hal kemudahan akses ke dunia luar,” katanya.

Ditambahkannya, saat ini Telkom juga sudah menyediakan 10 titik wifi corner di tua pejat untuk mendukung taman digital di kawasan Mentawai. “Harapannya layanan ini akan menjangkau di setiap kecamatan. Kita juga dukung Festival Pesona Mentawai berupa  penyediaan link Internet dan live streaming via UseeTv dilokasi, dan Vocher Internet edisi khusus,” katanya.

Sekadar infomasi, Telkom memang sudah mencanangkan Sumbar menjadi Nagari Cyber pada tahun ini. (Baca juga: Sumbar Nagari Cyber) Di ranah minang, layanan Triple Play milik Telkom lumayan banyak diminati dengan jumlah pelanggan per April sekitar 15 ribu rumah tangga. Setidaknya ada 130 satuan sambungan layanan baru IndiHome terpasang di Sumbar setiap harinya.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories