telkomsel halo

Wow, Persiapan Satelit BRIsat Sudah 98%

12:07:10 | 13 Nov 2015
Wow, Persiapan Satelit BRIsat Sudah 98%
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk  (BBRI) mengungkapkan persiapan satelit BRIsat terus dikebut agar bisa diluncurkan pada pertengahan 2016.

“Persiapan terus dilakukan. Sejauh ini sudah rampung 98% yang dilakukan oleh Space System Loral (SSL) di Palo Alto, Amerika Serikat dan Montreal, Kanada,” ungkap Direktur Utama BRI Asmawi Syam, kemarin.

BRI juga membangun primary satellite control facility di Ragunan, Jakarta Selatan dan Tabanan, Bali.

"Saat ini BRI tengah mendidik 15 sampai 18 orang ahli satelit Indonesia di Amerika Serikat. Begitu satelit diluncurkan, peserta didik akan kembali ke Indonesia untuk siap bekerja menjalankan infrastruktur tersebut pada Agustus 2016,” katanya.

Diungkapkannya, jadwal peluncuran satelit akan dilakukan di Launch Site atau kawasan peluncuran milik Arianespace di Kourou, Guyana Perancis pada pertengahan tahun 2016 mendatang, yakni anntara bulan Mei hingga Juni.

"Kita harapkan peluncuranbisa tepat waktu. Roketnya siap pada waktu yang sama. Saat diluncurkan, stasiun di Indonesia bekerja dengan baik secara operasional," harapnya. (Baca juga: BRI akan operasikan satelit)

Seperti diketahui, BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri. Bank ini menggandeng perusahaan asal Amerika Serikat, Space System Loral LLC (SSL) untuk membangun satelit dan perusahan peluncur roket asal Prancis, Arianespace, untuk meluncurkan satelit BRISat.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year