telkomsel halo

Dikabarkan Tersalip di Tiongkok, Xiaomi Pamer Dominasi di Tencent

09:48:24 | 27 Okt 2015
Dikabarkan Tersalip di Tiongkok, Xiaomi Pamer Dominasi di Tencent
Produk Xiaomi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Xiaomi sepertinya punya cara tersendiri menghadapi kabar posisinya yang terpeleset di pasar Tiongkok.

Global vice-president Xiaomi  Hugo Barra melalui akun Twitternya @hbarra menyatakan Xiaomi terus tumbuh dan menjadi pemain dominan di pasar Asia hanya dalam beberapa tahun terakhir.

Mengutip hasil riset dari Tencent, Barra mengungkapkan sekitar 9 dari 10 perangkat Android yang paling banyak digunakan di Tencent adalah Xiaomi.

"Dari 10 ponsel Android yang paling banyak digunakan di Tencent Tiongkok, 9 ponsel teratas semuanya adalah Xiaomi," tulis Hugo.

Barra juga mengunggah gambar hasil survei tersebut. Redmi 1S diketahui sebagai perangkat android paling banyak digunakan dalam jejaring sosial Tencent.

Peringkat kedua diduduki oleh Mi 3, disusul dengan M i 4, Redmi, Redmi Note 4G, Redmi Note 1S, Redmi 2, Mi 2S dan Redmi 2A. Samsung Galaxy Note 2 menutup di posisi ke-10, dan juga menjadi ponsel satu-satunya selain Xiaomi.

Tencent sendiri memiliki fitur mirip dengan Twitter. Jejaring sosial itu dilaporkan memiliki ratusan juta pengguna. Phone Arena menilai dari survei tersebut besarnya pertumbuhan Xiaomi di pasar Tiongkok.

Sebelumnya, Firma riset Canalys dalam snap shot hasil temuan untuk kuartal ketiga 2015 menyatakan  tahta Xiaomi di Tiongkok digeser oleh Huawei. Canalys melaporkan bahwa penjualan perangkat Huawei di pasar Tiongkok meningkat 81% ketimbang periode yang sama di tahun 2014 lalu.

Di sisi lain, penjualan Xiaomi tahun ini untuk pertama kalinya menurun. Sedangkan Huawei benar-benar berusaha untuk meningkatkan penjualan mereka baik di dalam negeri maupun dalam tingkat global. Canalys baru mengeluarkan hasil temuan secara resmi di akhir Oktober ini.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year