telkomsel halo

BRI akan Tempatkan Satelit Pengganjal di slot 150,5 BT

13:17:32 | 03 Jul 2015
BRI akan Tempatkan Satelit Pengganjal di slot 150,5 BT
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang dipercaya pemerintah sebagai pengelola slot orbit  150,5 BT kabarnya akan menempatkan satelit pengganjal (Floater) hingga diluncurkannya satelit BRISAT pada pertengahan tahun 2016.

“Laporan terakhir dari BRI ke saya akan ditempatkan Floater di slot itu sebelum selesai satelit BRISAT,” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Pria yang akrab disapa RA itu mengaku belum tahu mitra yang akan digandeng BRI untuk menempatkan satelit pengganjal. “Wah, itu saya belum tahu. Sama dengan hingga sekarang saya juga belum tahu status stasiun buminya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, BRI menggandeng Space System Loral LLC (SSL) untuk membangun satelit dan perusahan peluncur roket asal Prancis, Arianespace, untuk meluncurkan satelit BRISat pada 2016  mendatang. (Baca juga: Jadwal peluncuran BRISAT)

Pemerintah memberikan waktu dua tahun bagi BRI untuk menghadirkan stasiun bumi pasca mendapat hak mengelola slot orbit 150,5 BT. (Baca juga: Indosat tertarik menjadi sopir satelit)

BRI menjadi satu-satunya bank di Indonesia dan dunia yang memiliki satelit sendiri. Skala operasional layanan BRI memang memerlukan dukungan jaringan komunikasi satelit yang setara dengan 23 transponder untuk memberikan layanan yang berkelanjutan hingga ke pulau-pulau kecil di seluruh Indonesia.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year