Opensignal:Telkomsel juara layanan data di Indonesia

08:33:35 | 17 Dec 2019
Opensignal:Telkomsel juara layanan data di Indonesia

JAKARTA (IndoTelko) - Opensignal menyatakan kekuatan layanan data milik Telkomsel sejauh ini yang terbaik di Indonesia.

Senior Analyst Opensignal Peter Boyland dalam kajian yang baru saja dikeluarkannya menyatakan sepanjang periode Agustus hingga Oktober 2019 melakukan pemantauan terhadap 1,854,821 perangkat yang menginstall aplikasinya di Indonesia.

Hasilnya, ketersediaan 4G di Indonesia semakin membaik. Smartfen tetap mempertahankan penghargaan kategori ketersediaan 4G dengan skor yang luar biasa yakni 96,4% dan jauh dari keadaan stagnan.

Telkomsel terus mendominasi dengan memenangkan enam penghargaan, dan Telkomsel satu-satunya yang diberikan peringkat baik pada kategori pengalaman video. Pengalaman pengguna pada jaringan Telkomsel lebih baik dibandingkan dengan Tri, Indosat dan XL yang mempunyai masa loading yang lebih lama dan sering berhenti walau di resolusi yang lebih rendah.

Kategori Pengalaman Latensi dimenangkan oleh Telkomsel dengan skor 5 milidetik lebih cepat dari pesaing terdekat. Pengguna Indosat mengalami pengalaman unduhan dan unggahan paling lambat.

Telkomsel memenangkan penghargaan pertama Opensignal untuk kategori Pengalaman Aplikasi Suara di Indonesia yang mengukur kualitas pengalaman atas layanan suara over-the-top (OTT) - aplikasi voice mobile seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger - dengan menggunakan model yang berasal dari International Telecommunication Union untuk menghitung kualitas panggilan suara keseluruhan dengan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi.

Telkomsel mempertahankan penghargaan kategori Kecepatan Unduh dan Kecepatan Unggahan dengan skor yang jauh melampaui pesaingnya.

Skor Unggahan Telkomsel hampir naik dua kali lipat hingga 46%, kenaikan terbesar di metrik ini. Sedangkan kecepatan Unduhan adalah hingga 23%.  Skor Indosat melompat hingga 37%, sedangkan skor kecepatan pengguna 3 melaju hingga lebih dari 26%.

Opensignal melihat adanya peningkatan kecepatan pada kedua metrik tersebut untuk pengguna di kelima operator.

Daerah
Opensignal menganalisis pengalaman jaringan seluler pengguna di 24 kota di seluruh Indonesia. Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduhan sekaligus di setiap kota, kecuali Balikpapan dan Kota Cirebon, karena di kedua kota tersebut Telkomsel berbagi urutan pertama dengan Smartfren dan XL secara berurutan. Operator tersebut berada di urutan puncak di Pekanbaru, tempat para pengguna di jaringannya mengalami kecepatan unduhan tercepat yakni rata-rata 17,8 Mbps, memecahkan skor tertingginya sendiri dari laporan terakhir.

Telkomsel juga mendominasi kategori Kecepatan Unggahan regional dengan memenangkan penghargaan sekaligus di 19 kota masing-masing, dan mengukir urutan pertama bersama dengan Indosat di Surabaya. Kecepatan Unggahan terbesar dirasakan oleh pengguna kami di jaringan Telkomsel di Denpasar — rata-rata sebesar 9.9 Mbps. XL memenangkan penghargaan sekaligus di 4 kota tersisa — Batam, Kota Cirebon, Makassar dan Manado.

Dengan melihat Pengalaman Latency, skor Telkomsel 32.4 mili detik di Pekanbaru merupakan skor tercepat di seluruh 24 kota pada kategori ini. Operator tersebut memenangkan penghargaan secara terpisah di 21 kota, sementara 3 merupakan satu-satunya operator lainnya yang memenangkan penghargaan pada kategori ini, di Banjarmasin dan dengan Telkomsel di Balikpakan dan Cirebon.

Sampai ke metrik Pengalaman Aplikasi Video dan Suara. Para pengguna Opensignal menikmati Pengalaman Video terbaik di jaringan Telkomsel di Pekanbaru, karena operator tersebut yang mempunyai skor 66,9 poin dalam mengumpulkan peringkat Sangat Baik. Telkomsel meraih kemenangan dengan memenangkan penghargaan di 20 kota, dan mengukir urutan pertama dengan XL di empat kota selanjutnya yakni Batam, Cimahi, Kota Cirebon, dan Kota Yogyakarta. Secara umum, di seluruh 24 kota, skor untuk Telkomsel berkisar dari Peringkat Baik hingga Sangat Baik.

Telkomsel menang tipis pada kategori Pengalaman Aplikasi Suara , tetapi Telkomsel memimpin hasil regional dengan meraih kemenangan di tiap satu kota dari seluruh 24 kota tersebut — secara terpisah di 19 kota dan berbagi urutan pertama dengan XL di Cimahi dan Kota Cirebon, serta dengan Indosat di Pekanbaru dan Kota Yogyakarta.

Para pengguna jaringan Telkomsel di Balikpapan merasakan Pengalaman Aplikasi Suara terbaik di seluruh Indonesia: skor 82 poin operator tersebut mencapai peringkat Baik, artinya secara rata-rata, para pengguna kami di jaringan ini puas dan mengalami sangat sedikit kualitas yang buruk, sekali-sekali disertai dengan bunyi klik atau gangguan.

Pada kategori Ketersediaan 4G, Smartfren mendominasi di setiap lokasi tersebut. Para pengguna Opensignal di jaringan Smartfren yang tersambung ke layanan 4G paling sedikit 96% sepanjang waktu di 24 kota, termasuk Cilegon, kota tempat Smartfren tersebut terikat bersama 3 di urutan pertama.(id)

Baca Juga: