Pemkab Bangkalan mulai digitalisasi layanan publik

10:10:00 | 29 Apr 2019
Pemkab Bangkalan mulai digitalisasi layanan publik
Kawasan Bebek Sinjay (dok)

BANGKALAN (IndoTelko) - Birokrasi perizinan merupakan salah wujud pelayanan publik yang menjadi perhatian dalam tata kelola pemerintahan. Peran perizinan menjadi sangat penting dalam mewujudkan iklim usaha yang kondusif serta menjadi pemandu dalam pembangunan suatu daerah. 

Karenanya, pemkab Bangkalan meluncurkan  sistem pelayanan perizinan untuk berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Online Singel Submission (OSS) akan menambah tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemintah.

Dikatakan Wakil Bupati Bangkalan Moh Mohni, peluncuran sistem perizinan online merupakan terobosan baru yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan. “Ini sejalan dengan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo yang salah satunya mengubah semua pelayanan berbasis digital,” katanya kala peluncuran OSS bulan lalu.   Ditegaskan Mohni, OSS ini merupakan jawaban dari program presiden tersebut. 

OSS pun menjadi bagian dari visi dan misi Pemkab Bangkalan yang mengatur tentang meningkatkan kualitas pelayanan publik.   Menurutnya, birokrasi perizinan merupakan salah wujud pelayanan publik yang menjadi perhatian dalam tata kelola pemerintahan. Peran perizinan menjadi sangat penting dalam mewujudkan iklim usaha yang kondusif serta menjadi pemandu dalam pembangunan suatu daerah. 

Diharapkan melalui sistem tersebut pelaku usaha dapat mengurus izin dengan cepat dan mudah. "Perizinan seharusnya menjadi jalan untuk mengembangkan usaha bukan sebaliknya menjadi hambatan. Jadi ini harus di rubah," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui,  pelayanan perizinan telah diatur dalam UU Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang diatur dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2014 Tentang Penyelenggara pelayanan terpadu satu pintu.  Terkait hal ini masyarakat harus mengetahui penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu yang diselanggarakan oleh berbagai dinas di sebuah pemerintahan. 

Dukungan 4G

Tentunya langkah digitalisasi yang dilakukan Pemkab Bangkalan ini sangat membutuhkan dukungan jaringan telekomunikasi serta akses internet yang mamadai.  Dan Bangkalan mendapatkan hal tersebut.

Dari pantauan dan pengujian jaringan yang dilakukan Tim IndoTelko di tiga titik uji, seluruh operator telah membuktikan dukungannya terhadap kota Bangkalan.  Semua kekuatan unduh operator seluler di kota ini rata-rata di atas 5 Mbps, artinya kami bisa menggolongkannya masuk kategori baik.

Pemkab Bangkalan mulai digitalisasi layanan publik

Titik uji pertama yang kami tuju adalah Alun-alun.  Di kawasan ini, selain alun-alun juga terdapat kantor pemerintahan salah satunya kantor Kodim.  Pengujian kami lakukan pada Sabtu, 23 Maret 2019 pukul 15.40 wib.  Hasilnya, akses unduh data milik Telkomsel menjadi yang tercepat dengan 31,9 Mbps, upload 35,2 Mbps , dan ping 27 ms, disusul Tri download 15,2 Mbps, upload 2,74 Mbps , dan ping 41 ms, lalu Indosat download 9,18 Mbps, upload 9,16 Mbps , dan ping 52 ms, Smartfren download 8,95 Mbps, upload 0,93 Mbps , dan ping 55 ms, terakhir  XL download 5,25  Mbps, upload 7,98 Mbps , dan ping 51 ms

Bergeser ke kawasan yang sedikit lebih ramai.  Stadion Bangkalan.  Pusat olah raga masyarakat Bangkalan ini terletak di tengah kota Bangkalan dan tergolong sebagai kawasan yang tidak kalah strategisnya.

Pemkab Bangkalan mulai digitalisasi layanan publik

Di sini kami melakukan pengujian pada pukul 16.00 Wib dengan aplikasi SpeedTest.  Hasil pengujian di kawasan ini menunjukkan Telkomsel masih yang tercepat dengan kekuatan unduh 43,2 Mbps, upload 7,07 Mbps , dan ping 45 ms. Tri masih menempati posisi kedua yang tercepat dengan kekuatan unduh 29,7 Mbps, upload 4,62 Mbps , dan ping 19 ms, Smartfren download 11,3 Mbps, upload 0,07 Mbps , dan ping 59 ms, XL download 13,9  Mbps, upload 21,6 Mbps , dan ping 30 ms, serta Indosat download 5,19 Mbps, upload 3,18 Mbps , dan ping 57 ms.

Satu titik uji lainnya adalah Bebek Sinjay.  Ini salah satu tempat kuliner paling ramai dikunjungi para wisatawan atau pun masyarakat sekitaran Surabaya yang datang ke Bangkalan.  Kenikmatan bebek goring yang sangat khas dengan bumbu-bumbu yang menggoda, membuat kita akan kembali, kembali, dan kembali terus kala berkunjung ke Bangkalan.

Pemkab Bangkalan mulai digitalisasi layanan publik

Di titik ini kami melakukan uji pada pukul 17.18 Wib, sambil menikmati renyah dan gurihnya bebek Sinjay. Berikut hasil uji di kawasan Bebek Sinjay dengan aplikasi SpeedTest :

Operator Download Upload Ping
Telkomsel 23,7 Mbps 37,7 Mbps 22 ms
Tri 22,6 Mbps 9,10 Mbps 20 ms
Smartfren 22,4 Mbps 0,66 Mbps 45 ms
XL 14,1 Mbps 13,6 Mbps 34 ms
Indosat 10,2 Mbps 3,34 Mbps 48 ms

 

Kesimpulan yang bisa kami tarik dari hasil pengujian jaringan di 3 titik uji di Kabupaten Bangkalan ini bahwa langkah Pemkab Bangkalan menuju digitalisasi mendapat dukungan penuh dari operator penyedia jaringan seluler.  Terbukti akses data kelima operator di kota Bangkalan nyaris tidak ada yang jeblok.  Semuanya berada di atas rata-rata terutama akses download nya. (sg)

Proses uji dalam Video :

 

Baca Juga: