Telkomsel Drive Test 2019

Layanan 4G siap dukung Pemkab Sumedang gelar smart city

16:48:00 | 05 Apr 2019
Layanan 4G siap dukung Pemkab Sumedang gelar smart city
Area Masjid Agung Sumedang

SUMEDANG (IndoTelko) - Berawal dari pendaftaran administrasi inline di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Sumedang, kota ini bersiap menjadi Smart city.

Wilayah yang memiliki luas 1.522.21 km2 ini sudah menerapkan digitalisasi di berbagai bidang.  Sebut saja pendaftaran pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mesti mendaftar lewat online.  

Pun pembuatan KTP dan berbagai persyaratan lainnya dipermudah dengan digitalisasi.  Bagi Pemkab Sumedang, sebuah kota bisa dikatakan Smart apabila sudah tidak ada lagi antrian panjang.

Keinginan Pemkab Sumedang ini tidak akan bisa terlaksana tanpa dukungan insfrastruktur yang baik. Jaringan dan atau akses telekomunikasi terutama akses data/internet menjadi ujung bagian terpenting dan utama untuk mewujudkan smart city.

Tiga syarat wajib smart city yang harus dipenuhi oleh Sumedang adalah devices, jaringan, dan aplikasi pendukung.  Ini yang sempat diungkapkan Kabid Informatika Diskipas Pemkab Sumedang kemal Idris beberapa waktu lalu.

Akses internet menjadi hal yang sangat fital. Ini yang mesti menjadi perhatian penuh para operator penyedia layanan seluler.  Tim IndoTelko pun berkesempatan memantau sekaligus menguji akses lima operator yang ada.  

Namun di kota ini kami mengalami kendala pada operator Indosat. Barangkali pada saat yang sama operator ini mengalami gangguan, karena indikator sinyal di ponsel ber-simcard Indosat tidak menunjukkan sinyal 3G, 3,5G dan bahkan 4G. 

Karenanya, kami tidak melibatkan Indosat dalam pengujian kali ini. Karena kami yakin sebenarnya sinyal 4G Indosat sudah terpancar di kawasan Sumedang, hanya saja ada kendala di waktu yang sama.

Tiga titik strategis menjadi target uji Tim sebagai kawasan yang representatif mewakili Kota Sumedang secara keseluruhan. Tiga titik tersebut antara lain Alun-alun, Monumen Adipura dan Saung Teko.

Pengujian pertama di alun-alun.  Proses uji dilakukan pada Selasa, 19 Maret 2019 pukul 12.20 Wib.  Hasilnya Telkomsel paling dominan berkecepatan unduh 25,5 Mbps, upload 7,09 Mbps dan ping 34 ms. Disusul Smartfren Ber speed download 7,09 Mbps, upload 7,25 Mbps , dengan ping 34 ms.  Selaniutnya Tri dengan kekuatan unduhnya 3,71 Mbps, upload 2,47 Mbps , dan ping 62 ms. Dan terakhir XL akses unduhnya 2,42 Mbps, upload 18,5 Mbps , dan ping 63 ms.

Layanan 4G siap dukung Pemkab Sumedang gelar smart city

Sama seperti Cianjur, kota Kabupaten Sumedang juga masuk dalam Sembilan Kabupaten di Jabar yang terpilih untuk digitalisasi pertanian. 

Dalam sambutannya kala itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa petani tidak bisa lagi berjalan sendiri sendiri.  Menurut Jokowi petani harus diorganisir. Dikatakannya, untuk  bisa berkompetisi, kelompok petani harus menjadi kelompok dalam jumlah yang besar.

Sebelum kami masuk ke titik uji daerah pinggiran Sumedang, kami menyempatkan pengujian satu kawasan di kota Sumedang, yakni Monumen Adipura. Pengujian berlangsung pada pukul 13.40 Wib.

Kondisi hasil uji secara berurutan tidak jauh berbeda dengan hasil uji di alun-alun. Namun secara kecepatan, kondisi jaringn di titik ini lebih moncer.   Berikut hasil ujinya :
Telkomsel Download 62,7 Mbps, upload 29,1 Mbps , dan ping 37 ms
Smartfren Download 19,8 Mbps, upload 0,48 Mbps , dan ping 73 ms
Tri Download 4,40 Mbps, upload 13,2 Mbps , dan ping 38 ms
XL Download 3,48  Mbps, upload 21,5 Mbps , dan ping 26 ms.

Layanan 4G siap dukung Pemkab Sumedang gelar smart city

Bicara kendala dalam pengembangan smart city di kota ini adalah budaya. Masyarakat Sumedang belum sadar internet.  Pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi Pemkab Sumedang dan juga industri telko Tanah Air.  

Kota yang berpusat pemerintahanan berada di bawah Kecamatan Sumedang Selatan ini sebenarnya tidak lagi terkendala akses internet. Teebukti dari hasil uji dua titik strategis di kabupaten yang terbagi atas 26 kecamatan, 7 kelurahan, dan 270 desa ini, sinyal 4G memancar dengan baik.

Termasuk di titik uji terakhir kami di Sumedang. Pinggiran kota, tepatnya di Saung Teko.  Sambil kami bersantap siang meski terlambat, pengujian kami lakukan.  Proses uji dijalani pada pukul 14.08 Wib.

Di sini menjadi ajang unjuk gigi empat operator yang ada. Keempatnya boleh dibilang sangat baik dari sisi sinyal dan juga speed.  Telkomsel speed downloadnya di angka 36,5 Mbps, upload 8,35 Mbps , dan ping 26 ms.  Tri Download 9,04 Mbps, upload 5,19 Mbps , dan ping 31 ms,Smartfren Download 8,80 Mbps, upload 10,6 Mbps , dan ping 70 ms, serta XL Download 8,05  Mbps, upload 13,5 Mbps , dan ping 41 ms. 

Secara keseluruhan, hasil uji jaringan di kawasan Kabupaten Sumedang ini berjalan baik. Akses 4G yang mulai menyelimuti kota ini sejak 2016 lalu oleh Smartfren, di susul Telkomsel, Indosat, XL, dan Tri setahun berikutnya terbukti oke dan baik.  Tidak ada alasan lagi untuk Kabupaten Sumedang go digital dan menjadi smart city. (sg)

 

Telkomsel Drive Test 2019
Baca Juga:
Telkomsel Drive Test 2019