Telkomsel Drive Test 2019

Sukabumi menjadi digital berkat layanan 4G

11:02:00 | 29 Mar 2019
Sukabumi menjadi digital berkat layanan 4G
Pengguna seluler selalu terhubung berkat 4G di Sukabumi (dok)

SUKABUMI (IndoTelko) – Sukabumi terus bersolek. Penampilan wajah kota ini makin ciamik dan tentunya cantik.  

Tak melulu bicara destinasi wisata yang notabene butuh akses telekomunikasi yang bisa diandalkan.  Namun kawasan penting dan strategis di kota ini pun butuh koneksi internet dan akses telekomunikasi yang andal.

Kota yang terdiri dari 7 kecamatan dan meliputi 33 kelurahan yang didalamnya terdapat  350 RW dan 1.521 RT ini pada 2017 lalu masuk sebagai proyek percontohan smartcity.  

Adalah kementerian Kominfo yang memasukkan kota ini dalam 8 besar tingkat nasional.  Kementerian ini menilai perencanaan konsep smart city Sukabumi tergolong baik. Termasuk adanya dukungan blue print yang memang sudah ada.  

Terpilihnya kota ini sebagai proyek percontohan Smartcity, membuat Telkom Grup memberikan dukungan penuh dengan meluncurkan modern city pertama di Indonesia.  Alhasil ini yang membuat masyarakat kota berpenduduk 340.756 jiwa berdasarkan data BPS tahun 2018 ini tak lagi gagap teknologi dan bisa terhubung dengan mudah ke jaringan internet.

Dukungan operator telko

Tambahan dukungan dari 5 operator penyedia jaringan telekomunikasi seluler Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL menjadikan kota ini benar-benar go digital.  Akses internet bisa terkoneksi kapan saja di mana saja, khususnya di titik-titik strategis dan keramaian.

Tim uji jaringan IndoTelko berkesempatan singgah di kota yang bercuaca dingin ini.  Ada dua titik yang menjadi destinasi uji yakni kawasan alun-alun dan Gedung Juang.

Di kawasan alun-alun, akses semua operator menunjukkan jaringan 4G tertangkap dengan sempurna.  Pun kekuatan serta kecepatan akses data kelimanya di atas rata-rata. Semua berada di atas angka 5 Mbps. 

Sukabumi menjadi digital berkat layanan 4G

Proses Uji dilakukan pada pukul 13.53 Wib

Pengujian kami lakukan di Warung Sate Haji Mamat. Warung ini berusia cukup tua dan menjadi titik kuliner paling diminati bagi pecinta sate dan sop kambing. Posisinya tepat di depan pintu masuk Masjid Agung Sukabumi.

Tak jauh dari kawasan ini, tepatnya dalam radius 500 meter, terdapat beberapa pusat pemerintahan seperti Kejaksaan Negeri Sukabumi, Polres Sukabumi, alun-alun digital, bundaran tugu adipura, dan beberapa bank.

Di titik ini, akses sedot operator menunjukkan angka sebagai berikut : Smartfren 6,66 Mbps, Telkomsel 32,5 Mbps, Tri 6,38 Mbps, XL 20,3 Mbps, dan Indosat 5,56 Mbps.  Sementara kecepatan uploadnya antara lain : Smartfren 9,76 Mbps, Telkomsel 22,3 Mbps, Tri 8,47 Mbps, XL 19,2 Mbps, dan Indosat 14,8 Mbps.

Titik kedua yang kami monitor dan pantau untuk pengujian akses unduh dan upload adalah Gedung juang.  Posisinya berada  sedikit lebih tinggi akses koneksi data 5 operator muncul beragam.  Namun di titik ini satu operator yakni Indosat mengalami penurunan dan hambatan koneksi.  

Sukabumi menjadi digital berkat layanan 4G

Kekuatan download kelimanya menghasilkan angka : Indosat 0,49 Mbps, Smartfren 11,6 Mbps, telkomsel 46,2 Mbps, Tri 29,1 Mbps, dan XL 42,1 Mbps.

Proses pengujian ini kami lakukan beberapa kali dengan kesimpulan hasil kami ambil dari hasil terbesar dalam proses uji.  Pengujian juga kami lakukan dengan memutar Youtube dan juga berselancar ke beberapa portal dan situs populer, kesemua proses uji ini berjalan dengan baik, tanpa ada kendala kecuali akses menggunakan Indosat, yang mengalami penurunan di titik uji kedua.

Secara umum melihat hasil pengujian di dua titik strategis kota Sukabumi, kami dapat menyimpulkan bahwa kota ini benar-benar sudah berselimut 4G dan siap untuk go digital dan unjuk gigi sebagai kota ber-Smartcity sebagaimana penunjukkan Kementerian Kominfo. (sg)  

Ini Proses Uji dalam video : 

 

Telkomsel Drive Test 2019
Baca Juga:
Telkomsel Drive Test 2019