Telkomsel siap sukseskan Asian Games 2018

10:23:00 | 21 Mar 2018
Telkomsel siap sukseskan Asian Games 2018
VP ICT Network Management Area Jabotabek-Jabar Telkomsel Juanita Erawati dan GM Network Engineering and Project Jabotabek-Jabar Telkomsel Nugroho Adi Wibowo.(dok)

BALI (IndoTelko) - Telkomsel siap menyukseskan ajang bergengsi Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

"Kami siap mendukung dan menyukseskan acara itu sebagai Official Mobile Partner dari ajang bergengsi itu. Kita sudah biasa kelola layanan telekomunikasi yang melibatkan massa, jadi kami optimistis bisa memberikan yang terbaik," tegas VP ICT Network Management Area Jabotabek-Jabar Telkomsel Juanita Erawati kala media gathering di Bali, Selasa (20/3) malam.

Dijelaskannya, saat ini persiapan peningkatan kapasitas jaringan terus dilakukan. "Semua masih sesuai jadwal. Perkiraan Juli nanti semua sudah siap. Kita tak ada alokasi dana khusus untuk ini, semua sudah masuk dalam belanja modal 2018 karena memang dicanangkan tahun ini sebagai True Consumer Experience bagi Telkomsel," tukasnya.

GM Network Engineering and Project Jabotabek-Jabar Telkomsel Nugroho Adi Wibowo menambahkan, Telkomsel memanfaatkan sejumlah teknologi baru untuk meningkatkan kapasitas dan jangkauan layanannya.

"Kami pakai TDD Massive MIMO, Lampsite 2.0, Easy Macro 2.0, dan Book RRU di venue yang menjadi ajang Asian Games 2018," katanya.

Teknologi Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) akan menjadi solusi pengamanan akses broadband berkecepatan tinggi dengan tingkat trafik yang tinggi di saat yang bersamaan.

Solusi Massive MIMO dikenal bagus untuk melayani sebuah area dengan kapasitas pengunjung banyak tanpa perlu menambah spektrum, tetapi bisa meningkatkan meningkatkan rata-rata user throughput.

Teknologi jaringan Massive MIMO sendiri secara khusus dioperasikan Telkomsel di kawasan komplek olahraga GBK sebagai antisipasi meningkatnya trafik komunikasi terutama akses broadband saat momen Asian Games 2018 nanti. (Baca: Jaringan Telkomsel)

"Kami sudah jajal semua teknologi ini ketika test Event yang diselenggarakan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) pada tanggal 8 sd 15 Februari 2018. Saat itu semua lancar. Waktu pertandingan Timnas Indonesia Vs Islandia kita juga jajal teknologi baru dan semua lancar," katanya. (Baca: Asian Games 2018)

Ditambahkannya, tak hanya memberikan layanan prima di venue, lokasi tempat menginap atlet dan rombongan, bandara, serta semua jalur transportasi yang digunakan untuk ajang bergengsi itu juga ditingkatkan kapasitas serta kualitasnya oleh Telkomsel.

"Kami dipesankan oleh INASGOC untuk memberikan layanan telekomunikasi kelas dunia di ajang ini. Setidaknya itu akan membuat Indonesia sukses sebagai pelaksana ajang bergengsi ini," katanya.(tp)

Baca Juga: