Jaringan 4G LTE Telkomsel ngacir di Serang

11:16:14 | 12 Nov 2016
Jaringan 4G LTE Telkomsel ngacir di Serang
Pengujian dengan SpeedTest (idt)

BANTEN (IndoTelko) – Setelah beristirahat makan siang di km 43, tim uji IndoTelko Group kembali melanjutkan perjalanan menuju satu titik uji yang tak kalah strategis, kota Serang. 

Sebagai ibukota Propinsi Banten, Serang seharusnya mendapatkan layanan yang lebih prima dibanding kota-kota lain di Banten.  Setidaknya operator yang sudah menebarkan sinyal 4G di Banten, sudah pula mengcover wilayah Serang yang notabene menjadi pusat pemerintahan Propinsi Banten.

Pengujian di titik keempat ini kami lakukan dengan sistem dan perangkat yang sama dengan pengujian di titik km 13,5, titik kawasan Karawaci, dan titik km 43. Ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus yang sudah berfitur dan punya teknologi mutakhir nan bisa diandalkan khususnya saat bekerja di jaringan 4G.

Prosesor yang digunakan sudah quadcore.  Memori atau RAM yang dibenamkan di dalamnya pun sudah mencapai 3 Gb.  Ini pula yang membuat dukungan maksimal terhadap kekuatan jaringan yang diberikan operator (baca juga : Hasil Uji Lenovo Vibe K-5 Plus).

Smartfren dan Telkomsel berikan 4G

Indikator sinyal di lima ponsel Lenovo Vibe K-5 Plus yang kami gunakan menunjukkan hanya dua operator yang mengcover jaringan 4G.  Keduanya adalah Smartfren dan Telkomsel.  Indikator sinyal kedua jaringan 4G nya pun menunjukkan 5 bar dari 6 bar yang tersedia.  Artinya jaringan keduanya tergolong kuat di kawasan uji kali ini.

Sementara tiga operator lainnya yakni Indosat, Tri, dan XL hanya mampu menyuguhkan 3G.  Uniknya, XL sendiri yang baru pertengahan Oktober lalu meluncurkan layanan 4G nya di Banten, belum pula tampil maksimal dengan 4G nya. (Baca juga : XL ingin pertahankan dominasi 4G).

Kecepatan jaringan

Smartfren dan Telkomsel yang berjaringan 4G ternyata memiliki kekuatan yang berbeda.  Perbedaan keduanya Nampak cukup timpang.  Pengujian menggunakan dua aplikasi Speedtest dan nPerf tak mengubah keadaan.  Telkomsel dominan dan ngacir sendirian.

Di Aplikasi SpeedTest pada Lenovo Vibe K-5 Plus, kecepatan download Telkomsel mencapai 19,46 Mbps dengan kecepatan upload mencapai 22,36 Mbps.  Sedangkan Smartfren dengan aplikasi yang sama, di layar Lenovo Vibe K-5 Plus hanya menunjukkan daya sedot untuk download sebesar 3,17 Mbps dan upload sebesar 4,95 Mbps.

Saat menggunakan aplikasi nPerf, hasilnya juga tak jauh berbeda.  Kecepatan Smartfren untuk mendownload sebesar 2,82 Mbps dengan rata-rata kecepatan 2,05 Mbps.  Sedangkan skor akhir pengujian di aplikasi ini adalah 1231 nPoints.  Sementara Telkomsel tetap ngebut dengan kekuatan download 12,31 Mbps dan rata-rata kecepatan sebesar 9,24 Mbps.  Nilai akhir atau skor di pengujian kali ini untuk Tekomsel sebesar 11076 nPoints.

 

Jaringan 4G LTE Telkomsel ngacir di Serang

Fakta kecepatan jaringan kota Serang

3G Indosat dan XL bersaing

Di jaringan 3G, Indosat dan XL bersaing ketat dalam kecepatan unduh dan upload.  Dua aplikasi yang kami gunakan yakni SpeedTest dan nPerf justru memunculkan hasil yang berbeda untuk dua operator ini.

Di Speedtest, hasil uji nya XL lebih cepat ketimbang Indosat dengan angka download hingga 9,37 Mbps sementara Indosat hanya sebesar 6,06 Mbps.  Namun di aplikasi nPerf, Indosat justru lebih kencang dan ngacir dengan angka unduh mencapai 10,74 Mbps dengan kecepatan rata-rata 9,34 Mbps dan skor akhirnya 7538 nPoints. Dan kecepatan milik XL hanya sebesar 7,67 Mbps dan skor akhir sebesar 4388 nPoints.

Di kota Serang, dari hasil pengujian kelima operator ini bisa kami simpulkan bahwa kelima operator secara umum sudah mengcover layanan data secara menyeluruh.  Meski untuk jaringan 4G, sementara baru Telkomsel dan Smartfren saja yang bisa mengibarkan sinyalnya.  (sg)

Baca Juga: