Trafik data Telkomsel naik 12% di hari Lebaran 2016

09:54:53 | 08 Jul 2016
Trafik data Telkomsel naik 12% di hari Lebaran 2016
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah (kanan) dan EVP Telkomsel Area II Venusiana Papasi memantau trafik jelang lebaran 2016 (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Telkomsel mencatat terjadinya kenaikan trafik data di hari Lebaran 2016 menembus angka 2.500 Terabyte (TB) atau naik 12% dibandingkan dengan trafik di hari biasa selama 2016.

“Jika dibandingkan dengan  periode sama pada tahun 2015, kenaikan trafik data itu sekitar 75%,” ungkap pernyataan tertulis Telkomsel, Jumat (8/7).  

Trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 78% menjadi sekitar 2.700 TB (Terabyte) pada H-1 Lebaran dimana angka ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2015. Jika dibandingkan dengan hari normal 2016, layanan ini mengalami kenaikan sekitar 17%.

Trafik penggunaan layanan yang tertinggi terkonsentrasi di area Jawa-Bali (diantaranya Jawa Tengah,  Jawa Timur, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata, dimana pengunaan data di area ini menembus angka 771 TB (Terabyte) saat momen H-1 Lebaran.

Adapun area yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data tertinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015 adalah Sumatera, dimana kenaikan  terpantau hingga lebih dari 89% menjadi sekitar 665 TB (Terabyte) saat momen H-1 Lebaran.

Penggunaan layanan data pada H-1 Lebaran dan saat Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang dilalui atau disinggahi oleh pemudik seperti exit tol Kaliangsa, exit tol Pejagan, Terminal Wates (Yogyakarta), dan Pelabuhan Lamijung (Nunukan). Begitu pula dengan lokasi-lokasi wisata, seperti Jam Gadang (Bukittinggi), Berastagi, Pantai Kuta, dan Kota Bunga (Puncak).

Layanan suara dan SMS di momen lebaran ini tercatat cenderung stagnan, dimana layanan suara mengalami penurunan sebesar 4% di hari Lebaran menjadi sekitar 1,5 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di hari normal 2016. Sedangkan layanan SMS masih mencatat kenaikan sebesar 1% di malam takbiran.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98% yang artinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman.

Sebelumnya Telkomsel telah melakukan peningkatan kualitas jaringan guna melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama periode mudik Lebaran. Optimalisasi jaringan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi yang biasanya terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran. (Baca juga: Persiapan jaringan Telkomsel)

Sebelumnya, Telkomsel memperkirakan saat musim puncak arus mudik 2016 akan terjadi lonjakan layanan SMS dibanding hari biasa berkisar 5%-15% menjadi sekitar 930 juta SMS per hari. Untuk layanan data diperkirakan menembus 2.700 Tera Byte atau naik 15%- 20%.(id)

Baca Juga: