Layanan data naik selama Ramadan

10:36:31 | 06 Jul 2016
Layanan data naik selama Ramadan
Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Layanan data di Indonesia mengalami kenaikan selama bulan Ramadan.

Country Manager NetApp Indonesia, Ana Sopia mengungkapkan, terjadi lonjakan jumlah penggunaan data selama Ramadan pada waktu dan bidang tertentu.

“Di eCommerce terjadi peningkatan trafik internet pada pukul 4 pagi hari, dengan persentase sebesar 152%. Sementara itu, Facebook menyebut penggunaan mobile internet selama Ramadan meningkat sebesar 71%,” ungkapnya, kemarin.

Di bidang transportasi, Kementerian Perhubungan menyebut sebanyak 4,2 juta orang menggunakan pesawat saat Ramadan, turut berkontribusi dalam peningkatan penggunaan data untuk air traffic controller. NetApp mengkalkulasi, selama 2015 terdapat 180.000 penumpang kereta antarkota dengan 70% dari penumpang tersebut membeli tiket secara online.

“Para pelaku bisnis perlu melakukan antisipasi terhadap fenomena tersebut dengan mengimplementasi teknologi terbaik yang akan memungkinkan bisnis mengakses data dimanapun, kapanpun. Melihat hal tersebut, layanan cloud memberikan kesempatan yang lebih besar bagi pelaku bisnis dalam mengatasi peningkatan data pada layanan mereka yang terjadi secara musiman,” sarannya.

Sebelumnya,  Telkomsel memprediksi peningkatan trafik hingga Idul Fitri, dengan peningkatan sebesar 5% hingga 15%n, atau 930 juta SMS akan dialami layanan SMS, sedangkan layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 15% hingga 25% atau mencapai 2.700TB. (Baca juga: Jaringan XL

XL Axiata mengungkapkan, khusus pada layanan Data, menunjukkan bahwa pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming yaitu sebesar 39,2% dari total akses, lalu berikutnya web browsing 21,7%, akses ke social media 20,4%, akses file 3,3%, serta instant messaging 2,9%.(ak)

Baca Juga: