Operator diminta fokus tingkatkan kualitas layanan di titik macet

09:45:41 | 05 Jul 2016
Operator diminta fokus tingkatkan kualitas layanan di titik macet
Rudiantara tengah memantau jaringan operator Tri (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta operator telekomunikasi fokus meningkatkan layanan jaringan telekomunikasi pada daerah yang terjadi kemacetan selama Mudik Lebaran 2016.

“Bagus layanan jaringan telekomunikasi ada di daerah-daerah tapi kita fokus kepada permasalahan. Contohnya exit Brebes yang panjang antriannya mencapai 15-20 km, kemudian daerah Pantura, Purwokerto, dan Banyumas," kata Menkominfo Rudiantara, kemarin. 

Diingatkannya, telekomunikasi adalah pertahanan terakhir dari permasalahan kemacetan. “Orang kalau macet masih bisa telepon tapi kalau tidak bisa berkomunikasi maka akan emosi," jelasnya.

Secara terpisah, Senior Manager Public Relations & Media Tri Indonesia Arum K Prasodjo mengaku telah meningkatkan kapasitas serta infrastruktur jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik.

“Mengacu pada tren di tahun lalu, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik di semua layanan, di mana layanan data akan meningkat sekitar 20%, SMS 10%, dan telepon 15%. Jaringan kami telah dipersiapkan untuk menghadapi lonjakan trafik yang terjadi mulai saat mudik hingga hari H Lebaran. Optimalisasi kapasitas dan infrastruktur kami telah dipersiapkan, juga mobile BTS di jalur mudik pantura maupun pantai selatan," ujarnya.   

Ditambahkannya, meski pun saat ini Tri hanya menggunakan 10 Mhz di spektrum 2.100 Mhz dan 5 Mhz di 1.800 Mz untuk menunjang lalu lintas data, Tri telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mampu menampung lonjakan trafik data 40% hingga 50%. Saat ini, Tri menampung data trafik kedua terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1.500 TB (Terabyte) per hari.

Sementara itu, untuk antisipasi lonjakan trafik pada saat puncak mudik, peningkatan kapasitas juga dilakukan di ruang dan fasilitas umum seperti terminal dan pelabuhan, bandara udara, stasiun kereta api, serta tujuan wisata. Saat ini jaringan Tri diperkuat oleh hampir 40.000 BTS, 18.169 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G.(ak)

Baca Juga: