Uji Jaringan Operator di Jalur Mudik

3G Telkomsel jawara di Kendal

09:24:41 | 23 Jun 2016
3G Telkomsel jawara di Kendal
Hasil Uji Jaringan di Kendal (dok)

SURAKARTA (IndoTelko) – Melanjutkan uji jaringan di jalur mudik via Pantura, titik uji yang kami singgahi selanjutnya adalah kota Kendal.  Tepatnya di Alun-alun pusat kota yang juga dikenal sebagai kota santri.

Ponsel yang kami gunakan dalam proses uji di Kendal adalah iPhone 5S dan Hisense Pure shot.  Mesin penguji alias software uji yang kami gunakan masih mengandalkan tiga aplikasi uji yakni Speedtest, Sensorly, dan n_Perf. 

Proses uji kami lakukan pada Selasa, 21 Juni 2016 pukul 11.45 Wib.  Proses uji pun hanya melibatkan 3 operator di peringkat 3 besar yakni Telkomsel, Indosat dan XL. Sama seperti uji jarigan di kawasan sebelumnya, Alas Roban (baca juga : Hanya ada 3G di Alas Roban)

Tahapan awal yang tak pernah kami lewati untuk proses uji jaringan adalah melongok daya tangkap sinyal di setiap ponsel yang kami gunakan.  Dari tiga operator papan atas yang sudah menggelar layanan 4G di Tanah Air, hanya jaringan milik Indosat saja yang menunjukkan indikator sinyal broadband tersebut.  Dua operator lainnya yakni Telkomsel dan XL hanya menyuguhkan kekuatan 3G nya saja. 

Telkomsel Unggul di 3 Aplikasi Uji

Di kawasan kota yang selalu di lewati para pemudik yang memilih jalur Pantura setiap tahunnya ini, kekuatan jaringan Telkomsel menunjukkan tajinya.  Operator plat merah ini memiliki kekuatan jaringan melampaui Indosat dan XL.  Bahkan tiga aplikasi SpeedTest, Sensorly, dan n-perf, ketiganya “berpihak” ke operator milik Telkom Group ini. 

Fakta yang ditunjukkan aplikasi n-Perf misalnya.  Telkomsel punya daya sedot data mencapai 12,65 Mbps dan kekuatan upload hingga 4,33 Mbps.  Sedangkan Indosat berkecepatan dowonload sampai 8,63 Mbps.  Uniknya Indosat justru unggul di kekuatan upload datanya yang tembus di angka 13,68.  Sementara kekuatan XL hanya menyentuh kecepatan maksimal untuk unduh 4,82 Mbps dan upload di 0,55 Mbps.

3G Telkomsel jawara di Kendal

Telkomsel Paling Cepat

SpeedTes dan Sensorly Dalam Angka

Hasil uji di aplikasi Speedtest dan Sensorly pun juga menunjukkan perbedaan kecepatan yang signifikan antar ketiga operator. 

Di mesin uji  Speedtest hanya bisa  kami lakukan pada Indosat dan Telkomsel saja. Aplikasi ini di ponsel yang terselip simcard XL masih mengalami kendala. 

Di Speedtest, Telkomsel punya kecepatan unduh dua kali lipat dari Indosat. Angka kekuatan milik Telkomsel mencapai 10,35 Mbps, unggul jauh dari Indosat yang hanya di angka 5,75 Mbps.  Namun untuk urusan upload, Indosat masih juara.  Operator yang berubah nama menjadi Indosat Ooredoo ini mampu unjuk kekuatan di angka 7,37, dengan perbandingan milik Telkomsel hanya di angka 3,10.  Menariknya, meski dalam angka Telkomsel unggul, namun dari sisi teknologi yang “ditebarkan” kedua operator, Indosat paling oke dengan jaringan 4G nya.  Sedangkan Telkomsel masih berkutat di 3G.

3G Telkomsel jawara di Kendal

Speedtest Dalam Angka

Begitu pula fakta di aplikasi Sensorly.  Hasil uji tiga operator di Sensorly masih mengunggulkan Telkomsel sebagai yang tercepat.  Namun perbedaan angkanya tidak begitu signifikan antar ketiganya.  Dan untuk urusan upload, Indosat pun masih unggul dengan angka 9,37 Mbps lewat jaringan 4G nya, unggul dari Telkomse dan XL dengan masing-masing angka kecepatan upload 3,83 Mbps dan 0,30 Mbps.

3G Telkomsel jawara di Kendal

Fakta di Sensorly

Beberapa hal yang bisa dijadikan kesimpulan dari hasil uji di Alun-alun kota Kendal kali ini adalah bahwa fakta menunjukkan hanya jaringan 4G Indosat yang bisa dinikmati masyarakat Kendal dan juga para pemudik, sedangkan Telkomsel dan XL hanya mampu memberikan layanan 3G.  Selain itu, fakta lainnya adalah kekuatan jaringan Telkomsel paling cepat ketimbang XL dan Indosat.(sg)

Baca Juga: