Uji Jaringan Operator di Jalur Mudik

Hanya ada sinyal 3G di Alas Roban

11:08:21 | 22 Jun 2016
Hanya ada sinyal 3G di Alas Roban
Hasil Uji Dalam Angka (dok)

SURAKARTA (IndoTelko) – Dalam rangka menghadapi mudik lebaran tahun ini, kembali tim uji jaringan IndoTelko Group menjajal kekuatan jaringan di jalur mudik.  Kali ini proses pengujian hanya melibatkan 3 operator di peringkat 3 besar yakni Telkomsel, Indosat dan XL.   

Dalam uji jaringan ini, ada tiga titik yang menjadi titik uji antara lain Alas Roban, alun-alun kota Kendal, dan kota Surakarta alias Solo.  Ponsel yang kami gunakan adalah iPhone 5S dan Hisense Pure shot.  Sementara mesin penguji alias software uji yang kami gunakan masih mengandalkan tigak aplikasi uji yakni Speedtest, Sensorly, dan n_Perf.  Proses uji kami lakukan pada Selasa, 21 Juni 2016 (lihat tabel).

Pengujian kami mulai dari area yang selalu di lewati pemudik via jalur Pantura bila hendak menuju Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.  Kawasan ini juga kerap digunakan para pemudik untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan panjang.

Alas Roban adalah sebuah hutan kecil di Kecamatan Gringsing, terletak paling timur di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.  Kawasan ini ditumbuhi pohon-pohon besar yang membuat area ini sejuk dan nyaman sebagai tempat istirahat.

Seperti biasa, sebelum kami memulai proses uji, langkah pertama yang kami lakukan adalah melihat indikator sinyal yang didapat semua operator yang kami gunakan.  Hasilnya, ketiga operator baik Telkomsel, Indosat, dan XL sama-sama menunjukkan indikator 3G.  Artinya kawasan Alas Roban ini belum tercover jaringan broadband alias 4G.

3G Indosat Paling Kuat

Setelah mengecek jaringan yang muncul di layar ponsel, barulah kami mulai melakukan pengujian.  Kami memulainya dengan aplikasi Speedtest.  Mesin uji ini menunjukkan hasil kekuatan jaringan milik Indosat adalah yang terkuat dengan angka kecepatan unduh 20,03 Mbps dan upload 4,57 Mbps. 

Sementara Telkomsel muncul dengan angka maksimal untuk kecepatan unduh sebesar 12,46 Mbps dan upload 1,34 Mbps.  Sedangkan saat menguji jaringan XL dengan aplikasi ini, kami mengalami kendala.  Mesin uji tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Sepertinya kendala bukan pada jaringan, namun pada software tersebut.

Lain halnya dengan hasil uji menggunakan aplikasi Sensorly.  Jaringan XL bisa mendeteksi dan mengukur kekuatan jaringan yang dimiliki dengan angka unduh sebesar 4,67 Mbps dan upload 0,88 Mbps.  Indosat tetap memimpin dengan angka unduh mencapai 18,73 dan upload 1,05.  Telkomsel berada di posisi kedua dengan angka unduh 9,95 Mbps dan upload 0,54 Mbps.  Begitu pula pengujian dengan aplikasi n-Perf.  Indosat tetap paling kuat, disusul Telkomsel dan XL.

Hanya ada sinyal 3G di Alas Roban

Kekuatan Jaringan Indosat

 

Hanya ada sinyal 3G di Alas Roban

Jaringan Telkomsel Via n-Perf

 

Hanya ada sinyal 3G di Alas Roban

Kekuatan Jaringan XL

Secara umum kekuatan jaringan khususnya akses data ketiga operator di kawasan ini tidak ada masalah dan kendala yang berarti.  Berselancar ke berbagai situs berita dan juga sesekali membuka Youtube, berjalan lancar. Padahal ketiganya baru menyuguhkan jaringan 3G. Bayangkan bila 4G sudah bertebaran di area ini.  (sg)

Baca Juga: