Indosat siapkan jaringan hadapi trafik Ramadan

12:48:54 | 24 May 2016
Indosat siapkan jaringan hadapi trafik Ramadan
Hasil uji jaringan Indosat (dok)

SURABAYA (IndoTelko)  –  Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringannya selama bulan Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, baik untuk komunikasi suara, SMS maupun data.

Hal tersebut dipastikan dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui Network Operation Center (INOC) sebagai Command Center, serta melengkapi dengan berbagai paket khusus Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan.

Menghadapi masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas data menjadi 6.389 TeraByte/hari. Kapasitas ini disiapkan untuk 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total BTS 52.326 secara nasional.

Sementara itu, Indosat Ooredoo juga memperkirakan prediksi kenaikan trafik selama puncak mudik Lebaran 2016 dibandingkan tahun sebelumnya untuk masing-masing layanan adalah: layanan suara diprediksi melonjak 12%, serta layanan data melonjak 80%,sedangkan trafik SMS diprediksi turun 12% dari tahun lalu seiring dengan tingginya trend penggunakan social media.

”Peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan telah melalui program modernisasi jaringan serta penggelaran jaringan 4G LTE di berbagai kota, kami yakin pelanggan dan masyarakat akan tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar,” kata Group Head Network Operations, Achmad Abimanyu, kemarin.

Selain kesiapan kapasitas jaringan, Indosat Ooredoo juga memastikan jaringan selama Ramadhan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre.

Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

Uji jaringan
Sebagai bagian dari kesiapan jaringan menghadapi masa Ramadhan dan Mudik Lebaran 2016, dilakukan uji jaringan di salah satu jalur mudik utama wilayah Jawa Timur, yaitu jalur Surabaya sampai Malang.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, rute tersebut diprediksi akan mengalami kepadatan lalu lintas mobil yang ingin mudik di kedua kota ini. Selain menjadi kota tujuan mudik, di Surabaya dan Malang juga menjadi kota tujuan wisata selama masa liburan Lebaran.

Dalam drive test tersebut dilakukan berbagai aktifitas layanan data seperti  browsing, download, upload file, atau melihat HD video serta live streaming. Dalam kegiatan drive test menunjukkan hasil kecepatan maksimal download mencapai 39,66 Mbps dengan rata-rata download 12 Mbps.

Sedangkan kecepatan maximum upload mencapai 20,61 Mbps dengan rata-rata upload 6,59 Mbps. Kecepatan maksimal download dan upload dicapai saat memasuki tol Sidoardjo. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktitas internet berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 89% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5)  dan 8% area lainnya menunjukkan hasil dengan nilai baik. Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent.

Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik dibandingkan dengan yang lain.(wn)

Baca Juga: