Telkomsel tingkatkan kapasitas jaringan hadapi trafik Ramadan

11:13:18 | 22 May 2016
Telkomsel tingkatkan kapasitas jaringan hadapi trafik Ramadan
Sukardi Silalahi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Penguasa seluler nasional, Telkomsel, meningkatkan kapasitas jaringan hingga 60% untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama  Ramadan dan Lebaran 1437 H.

"Kami tingkatkan kapaistas jaringan di jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera,” ungkap Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, usai Telkomsel Network Drive Test 2016 di Semarang, beberapa waktu lalu.

Diungkapkannya, di Jawa Barat perseroan meningkatkan kapasitas 41%, Jawa Tengah (42%), dan Jawa Timur sebesar (60%), serta Sumatera Selatan sebesar (59%).

Telkomsel memperkirakan saat musim puncak arus mudik akan terjadi lonjakan layanan SMS dibanding hari biasa berkisar 5%-15% menjadi sekitar 930 juta SMS per hari. Untuk layanan data diperkirakan menembus 2.700 Tera Byte atau naik 15%- 20%.

Guna mengantisipasi lonjakan tersebut Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.

Mengutip data Kementerian Perhubungan pada tahun 2016 pergerakan arus mudik secara nasional mencapai sekitar 20 juta orang. Sebesar 4,2 juta di antaranya adalah pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan sekitarnya.

Untuk itu, selain di jalur mudik Pulau Jawa, Telkomsel juga melakukan uji jaringan di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi menggunakan rute darat dan kereta api sehingga secara total uji kesiapan jaringan mencakup jarak 10.921 kilometer.

Khusus di Pulau Jawa uji coba dilakukan di jalur Jakarta - Semarang dan Surabaya - Semarang yang melibatkan sekitar 100 orang jurnalis, melintasi Cirebon, Tegal, Pekalongan, dan berakhir di Semarang. Sementara itu dari Surabaya melintasi Tuban, Kudus, Semarang. "

Kedua jalur ini dipilih mengingat tingginya angka pemudik yang melintasi kedua jalur tersebut di masa-masa Lebaran," katanya.

Pada kesempatan sama, Direktur Sales Telkomsel Masud Khamid mengatakan telah mengidentifikasi sebanyak 809 lokasi titik kumpul (point of interest/POI) pemudik, meliputi bandar udara, terminal bus, jalan tol, stasiun kereta, dermaga penyeberangan, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal.

Di lokasi-lokasi ini juga menjadi perhatian utama Telkomsel agar pelanggan mendapatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data.

Pada periode Lebaran pelanggan Telkomsel akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru negeri, dimana sekitar 57 persen diantaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 Gbps.(tp)

Baca Juga: