Uji Jaringan 4G di Bali

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

10:30:24 | 21 Apr 2016
Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung
Wisman Menanti Speedboat Menuju Pulau Nusa Lembongan (foto : Romli Rossi)

DENPASAR (IndoTelko) – Setelah menguji kawasan kota Denpasar, tim uji mulai menyusuri pinggiran pulau Bali, dengan tujuan pertama Pantai Sanur.  Pantai yang masih masuk Kotamadya Denpasar ini berada tepat di sebelah timur dari ibukota Bali ini. 

Masih di hari kedua, Jumat, 15 April 2016, pengujian di Pantai Sanur kami mulai pukul 12.05 WITA.  Di pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Matahari Terbit ini jaringan 4G muncul di semua layar ponsel 5 operator yang kami gunakan, kecuali jaringan Tri. 

Menurut informasi yang kami dapatkan dari pihak Tri Hutchinson Indonesia, jaringan 4G di Bali hingga saat ini baru mencakup kawasan tertentu saja.  Termasuk kawasan Sanur yang belum tercover 4G milik Tri.  Indikator sinyal operator Tri di ponsel Sony Xperia Z3 yang kami kawinkan dengan simcard 4G Tri, menunjukkan jaringan HSDPA.

Tiga Aplikasi Uji

Masih mengandalkan 3 aplikasi uji yakni SpeedTest, Sensorly, dan nPerf, pengujian kami lakukan dengan paket data maksimal yang dimiliki masing-masing operator.  Dan seperti pengujian-pengujian jaringan sebelumnya, ketiga mesin uji ini selalu menunjukkan hasil yang berbeda.  Bahkan sempat bertolak belakang.  Misalkan saja jaringan XL.  Di dua aplikasi SpeedTest dan Sensorly, indikator jaringan XL menunjukkan 4G.  Namun di aplikasi nPerf, jaringan yang terdeteksi hanya 3G/UMTS. 

Dari tiga aplikasi yang kami gunakan, hasil pengujian baik kekuatan download maupun upload menunjukkan Telkomsel punya kecepatan di atas operator lainnya.  Speedtest menghasilkan kecepatan unduh Telkomsel mencapai 24,72 Mbps dan upload mencapai 18,26 Mbps.  

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data Tsel di SpeedTest

Sementara aplikasi Sensorly, kecepatan unduh operator plat merah ini tembus hingga 44,81 dengan angka maksimal upload data hingga 17,19 Mbps.

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data Tsel di Sensorly

Lain halnya pengujian di aplikasi nPerf yang merupakan aplikasi uji paling lengkap, dimana pengujian dilakukan hingga segala aspek termasuk kemampuannya mengukur kecepatan unduh video.  Telkomsel mendominasi di angka kecepatan unduh hingga 44,79 Mbps dan upload hingga 20,28 Mbps.  Tapi untuk skor secara keseluruhan hasil uji untuk aplikasi ini Telkomsel hanya mencapai skor 29926, sedikit di bawah Indosat yang mencapai skor 30384.  Padahal bila dibedah secara detil, angka kecepatan unduh perusahaan milik Qatar ini berada di bawah Telkomsel dengan angka 40,66 Mbps dan kecepatan unduh 9,91 Mbps.

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data Tsel di nPerf

 

4G XL Tak Berdaya

Hasil uji di sekitar Pantai Sanur ini sepertinya tidak bersahabat dengan XL.  Sinyal 4G XL tak muncul di aplikasi uji nPerf.  Operator milik Malaysia Telecom ini punya jaringan yang kurang maksimal.  Kalau di urut ranking, kecepatan akses data 4G XL berada paling buncit di bawah 3 operator lainnya yang sinyalnya di kawasan tersebut sama-sama 4G.  Secara berurutan kecepatan akses data di Sanur di kuasai Telkomsel, lalu Indosat, disusul Smartfren dan XL menguntit di urutan 4.

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data XL Sensorly

 

Indikator angka kedepatan unduh XL dengan aplikasi SpeedTest hanya maksimal di angka 3,41 Mbps dan upload sebesar 2,71 Mbps. 

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data XL SpeedTest

Demikian pula di aplikasi nPerf, angkanya hanya menunjukkan 3,47 Mbps dan 3,25 Mbps untuk akses upload. 

Di Sanur, Dominasi Telkomsel Tak Terbendung

Kecepatan Data XL nPerf

Namun bila menggunakan aplikasi uji Sensorly, akses unduh data jaringan XL ini tembus hingga 30,28 Mbps dan upload mencapai 12,24 Mbps.  (sg)

Baca Juga: