Uji Jaringan di Bali

Layanan 4G dari Operator Seluler Hadir di Bandara Ngurah Rai

08:03:12 | 18 Apr 2016
Layanan 4G dari Operator Seluler Hadir di Bandara Ngurah Rai
Pintu Masuk Bandara Ngurah Rai (sg)

DENPASAR (IndoTelko) – Usai melakukan uji jaringan di Kota Bogor dan sekitarnya, tim IndoTelko Group langsung bergerak ke Pulau Dewata, Bali.

Memanfaatkan moda transportasi udara, tim uji Indotelko Group juga sempat melakukan uji jaringan di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada Kamis, (14/4) pukul 10.49 Wib (Baca juga : Kekuatan Jaringan di Terminal 3 Soetta).

Rencananya kami ingin membandingkan hasil uji jaringan di Bandara Ibukota dan Bandara Ngurah Rai Bali yang menjadi satu-satunya pintu masuk ke Bali via udara.

Penerbangan menuju Denpasar memakan waktu kurang lebih 1 jam 40 menit.Tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, kami melanjutkan dengan makan siang di salah satu restoran siap saji, dan langsung melakukan uji kecepatan akses internet. Proses uji jaringan 5 operator ini kami lakukan mulai pukul 16.19 WITA, Kamis (14/4) dengan berkeliling di sekitar bandara Ngurah Rai.

Hal pertama yang kami lakukan adalah melongok 5 layar ponsel yang kami gunakan untuk memastikan baterai dan indikator sinyal yang diperoleh masing-masing ponsel. Hasilnya cukup mengejutkan meski wajar. Kelima operator baik Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan Smartfren sama-sama menampilkan indikator sinyal 4G.  Artinya kelimanya sudah menggelar 4G di Bali khsususnya Denpasar dan sekitar Bandara Ngurah Rai.

Penasaran ingin segera mengetahui kekuatan jaringan masing-masing operator, proses uji langsung kami lakukan.  Pengujian kali ini kami menggunakan 3 aplikasi uji yang biasa tim IndoTelko gunakan, yakni Speed Test, Sensorly, dan nPerf.  Hasilnya, XL menjadi operator yang punya kekuatan unduh paling tinggi dengan dua media pengukur yakni Speedtest dan nPerf.  Sementara media uji Sensorly menunjukkan bahwa Telkomsel yang paling tangguh.

Speedtest

Aplikasi produksi Ookla ini sepertinya “berpihak’ pada XL.  Kekuatan unduh operator yang terkenal dengan tagine HotRod 4G ini mencapai angka 26,85 Mbps, unggul sedikit dari Telkomsel yang menyentuh angka 24,29.  Pun kekuatan uploadnya, XL mencapai 26,85 dan Telkomsel 12.54 Mbps.

Layanan 4G dari Operator Seluler Hadir di Bandara Ngurah Rai

Kekuatan Jaringan XL Via SpeedTest

Sensorly

Pengujian dengan aplikasi ini nampaknya Telkomsel menjadi operator yang paling kuat koneksi internetnya.  Daya unduh dan uploadnya mencapai 13,48 Mbps dan 10.30 Mbps.  Sementara operator yang punya kecepatan di bawah Telkomsel adalah XL dengan kekuatan masing-masing 17.27 Mbps dan 9,66 Mbps.

Layanan 4G dari Operator Seluler Hadir di Bandara Ngurah Rai

Kekuatan Jaringan Telkomsel Via Sensorly

nPerf

Kembali XL terbukti paling bertaji.  Operator ini menunjukkan kekuatan unduhnya hingga 28,59 Mbps dan upload 22,23 Mbps menggunakan apliaksi nPerf.  Aplikasi ini bisa menguji kekuatan koneksi internet masing-masing operator hingga video streaming. 

Layanan 4G dari Operator Seluler Hadir di Bandara Ngurah Rai

Kekuatan Jaringan XL Via nPerf

 

Pada proses uji kali ini, satu hal yang perlu menjadi catatan adalah bahwa kelima opetrator sudah mampu memberikan layanan 4G yang kecepatannya sangat mumpuni.  Artinya bila kecepatan, coverage area, dan harga sudah bisa bersaing, konsumen dengan aman memilih operator paling Joss. (sg)

Baca Juga: