Jaringan di Pusat Kuliner Bogor

Indosat Melejit, Smartfren Menguntit (Bag 5)

07:40:02 | 17 Apr 2016
Indosat Melejit, Smartfren Menguntit (Bag 5)
Salah Satu Titik Uji (foto : dok)

BOGOR (IndoTelko) – Setelah mencoba jaringan di sekitaran Padjajaran, Baranangsiang arah Tajur, tim uji IndoTelko group menyisir kawasan kuliner di Kota Hujan ini.

Sambil menyantap makanan khas Bogor, jaringan 5 operator pun mulai diuji mulai Jam 19.00, Rabu (13/4).

Sebagai catatan, dalam uji kali ini kami tidak menyertakan operator XL yang pada pengujian sebelumnya kami indikasikan mengalami kendala.  Di area kuliner tepatnya kawasan Hotel Salak, Hotel Mirah, dan Taman Kencana, jaringan XL pun belum menunjukkan kekuatannya sebagai operator yang sudah menggulirkan 4G.  Padahal Pengujian kami beberapa bulan lalu di sekitaran yang sama tidak demikian.  Justru XL muncul dengan 4G-nya dan memimpin kecepatan akses data (baca : Unjuk Gigi dan Gengsi di Bogor). 

Agar proses pengujian tetap imbang dan independen, dengan sangat terpaksa kami tidak menyertakan XL dalam pengujian kali ini. Terbukti pada indikator mesin uji SpeedTest kekuatan jaringan XL menunjukkan angka yang mustahil, hanya 0,03 Mbps untuk akses unduh, dan 0,06 Mbps untuk kecepatan upload.  Kesimpulan kami kali ini bahwa terjadi kendala pada jaringan XL saat proses uji berlangsung.

Indosat Cemerlang

Kawasan Taman Kencana yang sarat akan tempat kuliner terkenal di Bogor ini menjadi ajang unjuk gigi bagi jaringan Indosat.  Tempat beroperasinya Makaroni Panggang, Pia Apple Pie, Warung Taman, Kedai Kita, Sop buah Pak Ewok, dan lainnya ini sangat nyaman untuk tempat bersantai dan nongkrong. Sambil mengabadikan momen-momen seru dengan kamera berupa foto dan video, kita pun bisa langsung menguploadnya ke jejaring sosial.

Kecepatan akses data internet di kawasan ini sangat bisa diandalkan.  Saat di lakukan uji coba, 4 operator yakni Telkomsel, Indosat, Tri, dan Smartfren tergolong bekerja maksimal sesuai teknologi jaringan yang digunakan masing-masing operator.

Indosat Melejit, Smartfren Menguntit (Bag 5)

Kondisi Jaringan 

Jaringan 4G Indosat menjadi kekuatan tercepat yang mampu mengunduh data hingga 42,92 Mbps.  Akses upload nya pun tak mengecewakan, bisa tembus hingga 11,05 Mbps.  Bisa jadi ini kekuatan terbesar Indosat dalam 4 kawasan uji coba di Bogor. Tiga kali mengekor di belakang Telkomsel dan Smartfren, kini Indosat jadi yang terdepan.

Kekuatan kedua tercepat kali ini milik Smartfren dengan kecepatan download 29,17 Mbps dan upload 6,91 Mbps.  Sementara Telkomsel yang juga sudah mengoperasikan 4G sebagaimana Indosat dan Smartfren, punya kecepatan unduh 6,48 Mbps dan upload 1,19 Mbps.  Sedangkan operator Tri yang belum menggelar 4G di Bogor, menunjukkan jaringan HSDPA di indikator sinyalnya.  Tri memiliki kecepatan unduh 3,15 Mbps dan upload 0,34 Mbps.  (sg) 

Baca Juga: