Kawasan Baranangsiang (BOGOR)

XL dan Tri Ternyata Tak 4G (Bag 4)

07:20:12 | 16 Apr 2016
XL dan Tri Ternyata Tak 4G (Bag 4)
Pintu Masuk Kota Bogor (foto : setia)

BOGOR (IndoTelko)- Pengujian jaringan kami lakukan di pusat kota Bogor.  Tepatnya di area sekitaran akses pintu masuk kota ini via darat, Baranangsiang.  Di kawasan yang juga dikenal dengan jalan Padjajaran ini, saban hari dilewati ribuan orang yang bekerja di Jakarta. 

Pun akhir pekan, ribuan kendaraan memanjang di tol Jagorawi untuk berdesakan di pintu tol memasuki kota Bogor.  Maklum saja, Bogor juga dikenal sebagai kota wisata yang setiap akhir pekan selalu dikunjungi masyarakat dari luar Bogor.  Ini mungkin yang jadi alasan mengapa telekomunikasi di Bogor berkembang sangat pesat. 

Buktinya 4 operator pemberi layanan telekomunikasi yakni Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren, semuanya sudah menyuguhkan layanan 4G di kota ini. Meski masih mengcover beberapa wilayah saja. Hanya Tri yang belum menggelar 4G nya di kota ini.  Namun menurut rencana, operator yang baru saja meresmikan 4G nya di 5 kota ini akan segera pula merambah ke kota ini.

Hasil Uji

Di Kawasan Ini, untuk operator yang berbasis seluler murni, Telkomsel menjadi operator yang memiliki kecepatan akses data internet paling bisa diandalkan dengan kekuatan download mencapai 14,36 Mbps.  Disusul oleh Indosat dengan kecepatan download hingga 11,61 Mbps. 

XL dan Tri Ternyata Tak 4G (Bag 4)

Kekuatan Jaringan Dalam Angka

Pengujian dilakukan dengan 3 aplikasi uji yang kesemuanya menunjukkan hasil tak jauh berbeda.  Akses kecepatan memutar video di youtube, mengupload, dan keluar masuk situs ternama tak luput dari pengukuran lewat aplikasi nperf. 

Dalam pengujian kali ini, tanpa melihat hasil kecepatan akses data, ternyata indikator sinyal operator yang sudah 4G hanya 3, yakni Telkomsel, Indosat dan Smartfren.  Dua operator lainnya XL dan Tri hanya sebatas 3G.  Masih dalam permakluman untuk operator 3 yang memang belum menggelar layanan broadband ini di Bogor.

Bagimana dengan XL.  Indikator sinyal operator ini di layar ponsel tak menunjukkan jaringan broadband yang semestinya ada.  Tidak sebanding dengan promo layanan 4G-nya lewat baliho-baliho dan spanduk yang menghiasi setiap sudut Bogor hingga pinggiran kota.  Kami sempat menduga jaringan operator ini saat kami melakukan uji coba sedang bermasalah.  Namun, berdasarkan keterangan dari XL Center yang kami hubungi saat itu, kondisi jaringan di titik uji yang kami lakukan sama sekali tak ada kendala. (sg)

Baca Juga: