Uji Jaringan 4G

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

08:21:14 | 15 Apr 2016
Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer
Kekuatan Jaringan di Terminal 3 (Dok : IndoTelko)

JAKARTA (IndoTelko) – Jaringan 4G lima operator di satu titik layanan memiliki kekuatan yang berbeda-beda.  Bahkan antar satu operator dengan operator lainnya terjadi ketimpangan yang sangat jauh, bak bumi dan langit.  Ini yang terjadi di kawasan sentral Bandara Soekarno-Hatta.

Tim uji jaringan IndoTelko.com dan IndiTOURIST.com berkesempatan menguji kekuatan jaringan 5 operator seluler khususnya daya geber 4G nya.

Pengujian di lakukan di kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.30.  Proses pengujian menggunakan perangkat ponsel yang kesemuanya sudah berteknologi 4G, antara lain iPhone 5S, Sony Xperia Z3, Andromax R, dan Hisense PureShot.

Belajar dari pengalaman pengujian jaringan yang beberapa kali kami lakukan, kali ini mesin penguji alias software yang kami gunakan tak hanya mengandalkan aplikasi Speed Test.  Namun tiga softare penguji sekaligus yang kami gunakan.  Ketiganya terdiri dari Sensorly, n-Perf, dan tentu saja Speed Test.

Telkomsel Unjuk Gigi

Dalam tampilan tiga mesin penguji, Telkomsel menunjukkan kekuatannya yang sangat dominan.  Terjadi ketimpangan antara Telkomsel dan operator lainnya dalam kekuatan jaringan kali ini.  Pada angka kekuatan unduh, baik menggunakan Sensorly, Speed Test, maupun n-Perf, kekuatan daya unduh Telkomsel selalu berada di atas angka 50 Mbps.  Ini kekuatan super yang ngebut ala Telkomsel yang sempat kami rasakan.

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

Hasil Jaringan Telkomsel

Sementara di posisi kedua ditempati Smartfren yang punya kekuatan antara 24 Mbps hingga 39 Mbps.  Smatfren yang mengandalkan teknologi 4G Advan nya tak sanggup mengimbangi kecepatn unduh milik Telkomsel yang lebih dulu ngacir.

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

Hasil Jaringan Smartfren

Sedangkan posisi XL dan Indosat justru tercecer. Keduanya ketinggalan jauh dibanding Telkomsel dan Smartfren.  Daya sedot kedua operator ini hanya sebatas 11 Mbps dan bahkan 1 Mbps.

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

Hasil Jaringan Indosat

 

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

Hasil Jaringan XL

Lain halnya dengan 3 yang notabene sebagai operator terakhir yang memberikan layanan 4G.  Operator yang baru menebar 4G nya di lima kota ini, mencoba bersaing dan unjuk kekuatan di kawasan Terminal 3 Soekarno Hatta.  Kekuatan unduh operator satu ini rata-rata mencapai 7 Mbps, baik pengujian menggunakan Sensorly, Speed Test, maupun n_perf. (sg)

Di Soetta, 4G XL dan Indosat Tercecer

Hasil Jaringan Tri

Baca Juga: