Jaringan Kawasan Taman Yasmin BOGOR

Hanya Duo 4G Berjaya di Bogor Barat (Bag 2)

22:37:38 | 14 Apr 2016
Hanya Duo 4G Berjaya di Bogor Barat (Bag 2)
Uji Jaringan Bogor Barat (Pusdok IDT)

BOGOR (IndoTelko) – Proses uji jaringan kali ini kami tempatkan di kawasan Bogor Barat,  tepatnya sekitar komplek perumahan bergengsi di kawasan tersebut, Taman Yasmin.

Pengukuran kecepatan jaringan ini menggunakan software Speed Test yang umum digunakan, selain Sensorly dan juga nPerf. Ponsel yang kami gunakan sejumlah operator yang kami uji, yang terdiri dari iPhone 5S Telkomsel, Hisense Pureshot Plus Indosat, Hisense Pureshot plus XL, Sony Xperia Z3 Three Hutchisson, dan Andromax R Smartfren.  Kelima ponsel ini tentu saja sudah mampu berjalan di jaringan 4G.

Paket layanan yang gunakan pun kami pilih paket kecepatan maksimal yang memiliki batasan, bukan sekedar paket unlimited.   Pengujian jaringan kami lakukan berulang-ulang dengan pengambilan sampel hasil uji terbesar yang dijadikan patokan.

Hasilnya sungguh menarik.  Dari 5 operator yang notabene sudah mengkomersilkan jaringan 4G, hanya ada 2 operator saja untuk kawasan Bogor Barat ini yang bertaji.  Pada indikator sinyal menunjukkan deteksi jaringan 4G untuk Telkomsel dan Smartfren. Sementara ketiga operator lainnya hanya menangkap jaringan 3G dan HSDPA.

Kecepatan kedua operator yang bergerak di jalur 4G tergolong baik.  Telkomsel memiliki kecepatan akses download hingga 16.08 Mbps, sedangkan Smartfren punya kecepatan 31,59 untuk fungsi yang sama.  Sementara untuk digunakan mengupload data, kekuatan jaringan Telkomsel mampu mengungguli Smartfren dengan kecepatan 7,97 Mbps.

Sementara Indosat dan XL indikator sinyal di ponsel yang digunakan hanya menampikan jaringan 3G dengan kecepatan unduh data masing-masing sebesar 2,86 Mbps dan 010 Mbps.  Sedangkan operator 3 menampilkan jaringan HSDPA berkekuatan unduh mencapai 4,37 Mbps.  (sg)  

Baca Juga: