Telkomsel Uji Nyali dengan Elang Nusa

12:14:47 | 14 Apr 2016
Telkomsel Uji Nyali dengan Elang Nusa
Ririek Adriansyah (dok)

JAKARTA (IndoTelko) – Penguasa seluler nasional, Telkomsel, memiliki cara yang unik untuk menunjukkan kekuatan jaringan broadband ke masyarakat Indonesia.

Anak usaha Telkom ini menggelar Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa) yang memanfaatkan dua buah drone berjenis Unamed Aerial Vehicle (UAV) guna melintasi lebih dari 50 kota di Indonesia.

“Elang Nusa adalah ekspedisi terbesar dan pertama di angkasa Indonesia yang merupakan pembuktian kami atas keunggulan layanan broadband Telkomsel yang tersebar hingga ke berbagai lokasi di Indonesia. Jaringan broadband Telkomsel yang terluas dan tercepat akan mendukung ekspedisi ini sehingga masyarakat dapat melihat keindahan Indonesia dari udara, hasil dari video drone yang kami terbangkan,” ungkap Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di Jakarta, Kamis (14/6).

Dijelaskannya, dua drone yang diterbangkan tersebut akan menguji sekitar 50% dari jaringan broadband Telkomsel. “Ini benar-benar uji nyali bagi Telkomsel karena yang dilewati bukan saja area 4G, tetapi juga 3G. Sekitar 50% dari total 50 ribu BTS 3G dan 4G kita akan dilewati,” katanya.

Sekadar diketahui, dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 meter akan diterbangkan bersamaan menempuh jalur barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 KM.

Selama program kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah ke www.telkomsel.com/elangnusa agar masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap melalui live streaming atau recorded.

“Kami sengaja taruh hasil pantauan di portal bukan aplikasi MyTelkomsel agar semua rakyat Indonesia bisa melihat. Sejauh ini server portal Telkomsel kita sudah tingkatkan untuk menjaga animo masyarakat,” ungkap VP Marketing Communication Telkomsel Nirwan Lesmana.

Seperti diketahui, layanan data saat ini terus diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Konsumsi layanan data di jaringan Telkomsel sendiri naik sekitar 1105 selama tahun 2015.

Saat ini jumlah pelanggan data Telkomsel mencapai 74 juta atau sekitar 50% dari total pelanggan. Telkomsel memiliki sekitar 103 ribu BTS dimana 50% diantaranya BTS 3G dan 4G. Ditahun ini Telkomsel berencana menambah 13 ribu BTS yang hamper keseluruhannya BTS broadband.(dn)

Baca Juga: