Uji Jaringan Seluler

Ini Kekuatan Jaringan Telkomsel di 11 Titik Kota Bandung

05:48:24 | 06 Jul 2015
Ini Kekuatan Jaringan Telkomsel di 11 Titik Kota Bandung
Hasil Uji Jaringan Telkomsel (foto : IndoTelko Grup)

Bandung (IndoTelko) - Bandung boleh dibilang identik dengan Jakarta.  Hal ini lantaran letak kota Bandung yang menempel erat ibukota yang ditempuh hanya dalam waktu 1,5 jam lewat tol Cipularang.

Kota yang sangat menarik dan nyaman untuk dikunjungi kapan saja.  Wajar bila saban akhir pekan, akses menuju kota ini selalu saja macet lantaran kedatangan kendaraan pribadi dari arah Jakarta.

Pertumbuhan kota Bandung dimulai sejak akhir abad ke-19.  Diawali sebagai kota administratif Hindia Belanda, termasuk sebagai kota wisata.  Berada di ketinggian 768 meter di atas permukaan laut, membuat kota ini begitu sejuk.

Saat ini Bandung menjelma menjadi salah satu kota tersibuk di Indonesia.  Adanya jalan penghubung tol Cipularang, membuat daya tempuh menuju Bandung dari Jakarta hanya dicapai dalam waktu kurang dari 2 jam.

Selain wisata kuliner, Bandung juga andalkan wisata belanja yang banyak diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Berbagai factory outlet (FO), butik, distro, dan mall menawarkan berbagai model pakaian yang menarik.

Selain itu, Bandung pun terus berhias dan melengkapi pusat-pusat wisata dan fasilitas umumnya.  Sebut saja Trans Studio Bandung dan pusat kuliner dan belanja Paris Van Java (PVJ).  Pun infrastruktur seperti telekomunikasi.

Telkomsel menjadi operator GSM pertama yang meluncurkan layanan 4G nya di kota Bandung.  Berdasarkan data dari Telkomsel, layanan 4G operator GSM nomor satu di Tanah Air ini telah mencakup hampir 100 persen wilayah Kotamadya Bandung.

Berbagai titik-titik strategis di kota Kembang ini terus di atapi oleh sinyal-sinyal 4G LTE Telkomsel.  Sehingga masyarakat Bandung dan sekitarnya bisa mengakses dunia maya dengan akses yang super cepat menggunakan layanan 4G.  Beberapa titik yang di cover oleh 4G Telkomsel ini antara lain :  mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, dan tempat wisata.

“Komitmen kami adalah terus memperluas layanan 4G LTE ke berbagai kota di Indonesia. Kali ini layanan Telkomsel 4G LTE hadir di kota Bandung untuk menjawab kebutuhan akses layanan berbasis pita lebar atau broadband," ujar Senior Vice President LTE Project Telkomsel, Hendri Mulya Sjam pada saat peluncuran beberapa waktu lalu.  Untuk dapat menikmati layanan 4G, pelanggan Telkomsel harus menukarkan simcard nya dengan simcard khusus 4G.

Bagi pelanggan Telkomsel yang ingin menukarkan Simcard nya dengan uSIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO, Anda bisa berkunjung ke pusat-pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) di kota Bandung.

Penasaran dengan kecepatan akses data dari 4G Telkomsel tim uji jaringan kolaborasi Indotelko.com dan IndiTOURIST.com berkesempatan menguji kekuatan jaringan operator seluler berpelanggan paling banyak di negeri ini.  Uji jaringan kami lakukan pada bulan lalu yang meliputi 11 titik uji.  Berikut paparan hasil ujinya :

Tim uji jaringan memulai perjalanan dari Jakarta melalui Tol Cipularang.  Memasuki tol Cipularang di KM 38, kami mulai beraksi dengan aplikasi penguji jaringan SpeedTes.  Hasilnya, Telkomsel unjuk kekuatan di kecepatan download mencapai 6,37 Mbps dan upload  1,71 Mbps.  

Selanjutnya pengujian kami ulangi saat memasuki KM 62.  Hasil yang diperoleh tidak jauh berbeda dengan titik uji sebelumnya.  Boleh jadi lantaran jarak antar kedua titik uji ini hanya terpaut tidak lebih dari 30 km.  Kekuatan download jaringan Telkomsel mencapai 5,97 Mbps dan upload sebesar 1,57 Mbps.

Perjalanan menuju Ibukota Provinsi Jawa Barat ini kami lakukan lewat Tol Cipularang.  Memasuki tol Cipularang, kekuatan akses data keduanya mulai dibandingkan. Menggunakan aplikasi Speedtest dan Sensorly serta ponsel Sony Xperia Z3 dan LG G3, Indosat dan XL saling unjuk gigi.  Dan keduanya pun sudah siap memberikan layanan 4G dibeberapa titik yang ada di Bandung dan sekitarnya.

Kurang lebih satu jam perjalanan, tahapan uji berada di daerah pintu tol Buah Batu.  Kekuatan di titik uji ketiga ini juga sama, masih tergolong kategori baik, dengan kecepatan download 5,25 dan upload data 1,48.

Beberapa titik uji lainnya di Kota Kembang ini pun tak begitu mengecewakan.  Sebagai operator pertama yang mengkomersilkan layanan 4G di negeri ini, Telkomsel mampu mengcover hampir seluruh wilayah kota Bandung.  Meski ada beberapa titik yang belum begitu maksimal kecepatannya.  Namun secara umum hasil uji jaringan Telkomsel di kota ini tergolong baik. (sg)

 

Baca Juga: