Uji Jaringan 4G

Siap Ngebut di Jalur LTE

11:52:04 | 29 Apr 2015
Siap Ngebut di Jalur LTE
Ilustrasi (dok)

JAKARTA (IndoTelko) - Gong komersialisasi layanan 4G sudah ditabuh. Telkomsel sebagai operator pertama yang mengkomersialkan layanan akses data berkecepatan tinggi ini langsung tancap gas menyebar sinyal 4G nya ke lima kota sekaligus yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Bali. Kehadiran 4G di lima kota ini disambut antusias oleh masyarakat di sana khususnya pelanggan Telkomsel.

Kurang lebih sebulan dari peluncuran layanan yang juga di sebut LTE (Long Term Evolution) kami berkesempatan melakukan uji jaringan 4G operator yang terkenal dengan semboyan “Paling Indonesia” ini.

Titik-titik uji kami lakukan di jalan protokol dan juga pusat wisata di 4 kota yang tercover jaringan 4G, antara lain : Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.  Ada 3 tipe dari tiga merek ponsel yang kami gunakan, yaitu : iPhone 5S, Sony Xperia Z3, dan LG G3.

Uji jaringan kami mulai dari kota Jakarta.  Selain jalan protokol, kami juga melakukan uji coba ke pusat wisata yang menjadi maskot kota Jakarta, kawasan Monas di area Jakarta Pusat  dan Kebun Binatang Ragunan Area Jakarta Selatan.  

Dalam proses pengujian jaringan ini, kami menggunakan 2 aplikasi uji jaringan yakni  Speedtest dan Sensorly. Alasannya, kedua mesin pengukur ini kerap memberikan hasil yang berbeda meski proses pengujian dalam waktu yang bersamaan.

Di kawasan Istana Kepresidenan. Angka kecepatan tembus ke 32,22 Mbps untuk kekuatan download dan 8,36 Mbps untuk kecepatan upload.  Media pengukur yang kami gunakan adalah Speedtest.  Layanan 4G Telkomsel menunjukkan tangkapan sinyal yang sempurna.  Indikator bar sinyal terlihat full dan nampak angka 4G berdiri kokoh di layar ponsel seolah menantang penggunanya untuk segera berselancar ke dunia maya.

Saat membuka video company profile Media Bisnis Telematika begitu mudah dan cepat.  Tidak ada kendala dan jeda sedetik pun.  Besar file video ini sekitar 77 Mb durasi hampir 3 menit.  

Bergeser sedikit ke kawasan Harmoni.  Area ini tidak begitu jauh dengan lokasi uji yang pertama. Kecepatan akses data hasil uji coba terlihat perbedaannya.  Kecepatan download mencapai 11,73 Mbps dan upload menyentuh angka 1, 25 Mbps.  Kami masih menggunakan aplikasi Speedtest untuk proses pengujiannya.

Setelah berkeliling ke bagian utara kota Jakarta untuk memantau koneksi jaringan 4G, kami kembali lagi ke kawasan Istana.  Namun kali ini kami melakukan uji di Monas.  Area yang dulu bernama lapangan Ikada ini memiliki kekuatan akses data 4G cukup baik.

Sebelum masuk ke berbagai situs yang kami tuju, hasil uji jaringan menggunakan software Sensorly menunjukkan daya sedot data alias kekuatan download sebesar 15 Mbps.  Sedangkan kemampuan upload berada di level 7,25 Mbps.

Uji jaringan dengan proses yang sama kami ulangi di area yang terkenal cukup padat oleh arus lalu lintas yakni Thamrin dan Sudirman. Angka kekuatan 4G milik anak perusahaan Telkom ini bisa diandalkan.  Keluar masuk situs dan juga membuka berbagai video di Youtube tidak mengalami kendala signifikan.

Pun saat masuk ke kawasan wisata pinggiran Jakarta.  Ragunan. Kebun binatang yang bernama Taman Margasatwa Ragunan ini ternyata sudah dibekali jaringan 4G oleh Telkomsel. (Baca juga : Kebun Binatang di Selatan Jakarta).

Di kawasan Ragunan yang juga merupakan titik akhir angkutan umum massal Busway koridor 6 ini, memiliki kekuatan akses data 4G yang tergolong baik.  Tidak kalah dengan daya sedot data di area Monas. 

Angka di layar ponsel dengan software speedtest menunjukkan kekuatan download mencapai 15,36 Mbps dam kekuatan upload di angka  6,49 Mbps.  Bagi pelanggan Telkomsel, yang berada di wilayah ini, tak perlu lagi mengeluh akan akses internet yang lemot.  Jaringan 4G Telkomsel mampu mengatasinya.  

Nah, untuk menikmati layanan 4G operator GSM nomor satu di Indonesia ini, anda bisa menukarkan kartu GSM yang sekarang Anda gunakan dengan kartu 4G alias u-SIM. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat informasi detil terkait 4G Telkomsel.(id)

Baca Juga: