telkomsel halo

9 hari jelang peluncuran, Satelit T3S mulai ditempatkan di roket Ariane 5

15:41:23 | 05 Feb 2017
9 hari jelang peluncuran, Satelit T3S mulai ditempatkan di roket Ariane 5
Roket Ariane 5 sedang dipindahkan ke Assembly Building dalam rangka persiapan peluncuran satelit T3S. (Foto:Arianespace)
JAKARTA (IndoTelko) - Arianespace terus mematangkan persiapan peluncuran dari satelit Telkom 3S (T3S) yang akan diluncurkan dari Kourou, French Guiana pada 14 Februari waktu setempat atau 15 Februari WIB.

Dalam situs resminya dinyatakan satelit T3S akan diluncurkan bersama dengan satelit SKY Brasil-1 milik provider DirecTV Latin America.

Perkembangan terbaru yang dipantau dari situs Arianespace pada 31 Januari 2017 dinyatakan misi peluncuran untuk T3S diberi nama Flight VA235 menggunakan roket Ariane 5. Roket tersebut telah dibawa ke Final Assembly building, untuk pemasangan kedua satelit.

Flight VA235 menjadi misi ke-235 bagi roket Ariane sejak 36 tahun lalu. Roket ini akan diluncrukan dari Spaceport ELA-3 launch zone.

Menurut rencana, satelit Telkom3S akan menempati slot orbit yang saat ini sedang ditempati satelit Telkom2, yaitu di 118°BT. Sedangkan satelit Telkom 2, karena umur operasinya msh tersisa paling tidak 3 tahun lagi atau hingga tahun 2020, akan dipindahkan ke slot orbit 157°BT dan tetap sepenuhnya melayani kebutuhan Indonesia. (Baca: Satelit T3S)

Satelit T3S termasuk satelit berukuran sedang, memiliki kapasitas setara 49 transponder dengan spektrum standard C-band, extended C-band, standard Ku-Band dan extended Ku-band.

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year