telkomsel halo

Aturan biaya interkoneksi dikeluarkan Agustus mendatang?

12:17:59 | 11 Jul 2016
Aturan biaya interkoneksi dikeluarkan Agustus mendatang?
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memberikan sinyal perhitungan biaya interkoneksi telah selesai dan akan dikeluarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) untuk penetapannya.

“Kalau untuk perhitungan interkoneksi sudah selesai. Jika tak ada masalah, Permenkominfo-nya nanti Agustus bisa dikeluarkan atau lebih cepat. Tunggu saja,” ungkap Pria yang akrab disapa RA itu, beberapa waktu lalu.

Sayangnya, RA enggan membuka hasil perhitungan biayan interkoneksi. “Nanti saja lihat di Permen-nya,” tutupnya.

Sekadar diketahui, biaya interkoneksi adalah komponen yang dikeluarkan operator untuk melakukan panggilan lintas jaringan. Formula perhitungan biaya interkoneksi ditetapkan oleh Pemerintah, dan operator hanya memasukan data yang diperlukan sesuai dengan kondisi jaringan masing-masing operator. (Baca juga: Meruwat biaya interkoneksi)

Penetapan biaya interkoneksi terbaru sangat kental tarik menarik kepentingan sehingga Permenkominfo yang ditunggu pun molor dari tenggat waktu. (Baca juga: hitung ulang biaya interkoneksi)

Sebagian operator meminta penurunan biaya interkoneksi diatas 50% agar tarif ritel ikut turun dan mencerminkan efisiensi dalam penggunaan jaringan. (Baca juga: Tarik menarik biaya interkoneksi) Sementara kelompok lain menginginkan biaya interkoneksi tak turun besar karena ingin menjaga recovery cost.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year